Tips Memilih Shared Hosting Terbaik

 Blog security, Blogging

tips memilih shared hosting | web hostingPilihan yang sangat beragam menyulitkan para pemburu hosting dalam memilih shared hosting terbaik bagi websitenya. Maka sebelum bertindak di perlukan beberapa tips memilih shared hosting/web hosting dengan baik.

Tujuan memilih shared hosting terbaik sebelum membelinya agar tidak kecewa di kemudian hari.

Sebelum memilih shared hosting, yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah membeli domain. Ada tips yang dibutuhkan dalam membeli domain yaitu,

Beli domain langsung di Registrar

Sebelum membeli hosting, tentu yang paling diperlukan adalah domain. Untuk domain, disarankan agar membeli langsung dari registrar, jangan membeli domain pada provider hosting. Kanapa demikian? Domain adalah asset terpenting dalam sebuah website, apa yang terjadi jika suatu saat perusahaan hosting tempat kamu menyewa domain menyatakan diri bangkrut atau mendadak? Tentu upaya untuk mendapatkan kembali akses domain/kode transfer akan sangat sulit.

Beberapa registrar yang disarankan adalah name.com, GoDaddy.com dan NameCheap.com.

7 Tips Memilih Shared Hosting

Setelah memiliki domain maka dilanjutkan dengan memilih hosting yang akan digunakan sebagai tempat meletakkan data-data domain agar dapat diakses. Ada beberapa tips yang dibutuhkan dalam memilih shared hosting, yang saya rangkum dalam 10 tips memilih shared hosting terbaik.

Tentukan target pengunjung

Sebelum memulai mencari hosting, tentukan terlebih dahulu target pengunjung yang kamu idamkan. Jika misalnya pengunjung lebih banyak yang dating dari Indonesia, ada baiknya menggunakan paket IIX (hosting di Indonesia).

Keuntungan:

  • Sangat cepat diakses dari Indonesia
  • Upload via FTP terasa lebih mulus

Kekurangan:

  • Sangat lambat jika diakses dari luar negeri
  • Harga yang sedikit lebih mahal disbanding dengan paket US
  • Adanya kemungkinan terjadi time-out saat melakukan koneksi ke luar negeri

Jika target pengunjung website adalah dunia, lebih baik tentunya menggunakan paket hosting dengan server yang berada di US.

Keuntungan:

  • Cepat diakses dari US dan cukup stabil saat diakses dari Negara lain.
  • Harga yang lebih murah dibandingkan dengan paket IIX
  • Uptime yang pada umumnya lebih baik, sangat sesuai untuk installasi wordpress dengan konten auto (autoblog)

Kekurangan:

  • Kalah cepat dengan IIX jika diakses dari Indonesia
  • Upload via FTP cukup memakan waktu

Alternative lainnya yang cukup popular di Indonesia adalah server yang berada di Singapura dan jerman. Singapura dikenal sangat baik untuk koneksi Asia Tenggara sementara Jerman menjadi pilihan utama untuk konten website yang sedikit menyerempet Grey Area.

Tentukan budget

Nafsu sudah menjadi sifat mendasar dasar manusia yang sangat sulit untuk dihindari. Jangan terburu nafsu untuk membeli paket yang langsung besar. Tentukan budget dengan hitungan jangka panjang. Mulailah dengan paket yang kecil dan lakukan upgrade ke scala yang lebih besar jika diperlukan.

Baca spesifikasi server shared hosting

Jangan sembarangan memilih penyedia jasa hosting, bacalah terlebih dahulu system operasi dan dukungan aplikasi yang diberikan. Server dengan system operasi Windows tentu berbeda pengoprasiannya dengan server yang menggunakan system operasi Linux.

Baca juga fasilitas yang diberikan. Rata-rata penyedia hosting saat ini sudah menyediakan control panel sebagai explorer database domain. Pilihlah hosting yang menyediakan control panel yang umum digunakan seperti: cPanel, DirectAdmin atau Plesk.

Control panel yang tidak umum atau Inhouse Panel (panel yang dikembangkan oleh penyedia jasa hosting sendiri) lebih baik dihindari selama pemakaiannya tidak umum dan sulit untuk mendapatkan bantuan dari pihak ketiga.

Pastikan juga hosting pilihan kamu memiliki Auto-installer untuk menjamin kemudahan installasi script. Ada beragam jenis seperti Fantastico, Installatron, SimpleScript, Softaculous dan masih banyak lagi. Sampai saat ini Softaculous menjadi salah satu Auto-Installer terbaik.

Pastikan backup tersedia

Sebelum membeli, tanyakan kepada penyedia jasa hosting pilihan kamu apakah mereka menyediakan backup harian, mingguan maupun bulanan.

Pastikan juga kamu untuk rajin melakukan backup manual dengan cara mendownload backup demi keselamatan data-data.

Baca TOS/Term of Service

Baca dengan baik Term of Service yang di sediakan oleh penyedia jasa hosting sebelum kamu memutuskan untuk menyewanya. Perhatikan hal-hal penting seperti resource yang boleh digunakan, scipt yang boleh di install, berapa banyak email yang boleh dikirimkan dalam waktu minimal.

Pastikan juga penyedia jasa memiliki perjanjian SLA atau Sevice Level Agreement dimana kami bisa mendapatkan ganti rugi jika uptime tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan.

Berhati-hati terhadap godaan marketing

Terminologi DiskSpace Unlimited/ Quota Unlimited/ Bandwith Unlimited sudah sangat akrab di dengar.  Lebih baik pastikan terlebih dahulu batasan-batasan yang deiberikan Term of Service, karena tidak ada yang kekal unlimited.

Mereka hanya menggunakan asumsi dengan logika tidak semua klien akan menghabiskan space harddisk dan bandwidth-nya dalam jumlah terlalu besar, maka bisa dipadatkan. Berdasarkan logika tidak mungkin penyedia hosting memiliki DiskSpace, Bandwith unlimited pasti ada batasannya (sebesar apapun itu) jadi kenapa kok mereka melayangkan marketing dengan kata-kata unlimited?

Contact 24-hours

Pilihlah shared hosting yang memiliki contact 24 jam, mumudahkan kita untuk melaporkan segala keluhan. Biasanya yang menyediakan contact 24 jam akan langsung merespon ketika kita mengirimkan laporan keluhan.

Tentukanlah hosting terbaik pilihanmu berdasarkan kriteria yang yang telah ditentukan dalam 10 tips memilih shared hosting terbaik. Jika merasa belum yakin dengan penyedia jasa hosting tersebut, pilihlah paket bulanan sampai kamu merasa nyaman dengan shared hosting tersebut.

Author: 

Saya adalah pemilik Kaplik.Com, Tujuan saya menulis adalah untuk berbagi pengetahuan maupun pengalaman kepada semua pembaca. Buat yang ingin tanya-tanya bisa langsung Contact ke Google +1, atau bisa melalui facebook. Thanks...

2 Responses

Leave a Reply