Tips dan Cara Berhenti Merokok

 Kesehatan

tips dan cara berhenti merokokCara berhenti merokok memang sulit untuk dilakukan, tapi demi kesehatan anda di kemudian hari itu terpaksa harus anda lakukan dan itu bukan hal yang tidak mungkin untuk anda. Ikuti langkah-langkah yang telah di bahas dalam artikel ini.

Kebiasaan merokok sangat merugikan badan dan kesehatan. Bahkan, para perokok aktif sudah tahu dan sadar akan resiko dan bahaya dari rokok yang mereka hisap. Resiko terbesar  yang akan diderita para perokok adalah kanker paru-paru, emphysema dan serangan jantung. Sungguh sangat merugi jika anda terkena kanker paru-paru dan serangan jantung hanya di karenakan rokok.

Langkah dan Cara Berhenti Merokok

Bila anda benar-benar ingin berhenti merokok, coba beberapa langkah dan cara berhenti merokok, untuk membantu anda terlepas dari kebiasaan merokok.

  1. Pilih hari untuk memulai berhenti merokok
    Ambil kalender dan pilih waktu yang tepat untuk mempersiapkan diri keluar dari kebiasaan merokok. Usahakan pilih hari yang anda anggap tingkat stres tidak terlalu tinggi dibandingkan hari-hari lain, seperti di akhir pekan. Tandai kalender dan mulailah berkomitmen untuk melakukannya.Mulailah pada hari itu juga untuk menyingkirkan asbak, korek api dan rokok. Ini merupakan langkah awal demi kesuksesan menghentikan kebiasaan merokok.
  2. Prediksi situasi pemicu keinginan merokok
    Cobalah untuk memprediksi situasi dan hal-hal pemicu yang akan muncul di hari pertama saat anda mulai berhenti merokok. Terkadang situasi tertentu menjadi dorongan yang kuat untuk kembali merokok. Jika pada minggu pertama anda berhasil untuk tidak merokok sebatang pun, itu merupakan tanda baik untuk dapat berhenti merokok selamanya. Namun jika anda gagal dalam minggu pertama, pikirkanlah dalam diri anda apa sebab yang memicu anda untuk merokok kembali dan pada saat-saat apa saja anda kembali merokok. Tulis dalam sebuah catatan situasi apa saja yang menjadi pemicu anda untuk merokok dalam satu minggu pertama.
  3. Strategi mengatasi pemicu keinginan merokok
    Sekarang pikirkanlah setiap poin pemicu yang telah tertulis dalam catatan anda. Apa tujuan utama anda merokok pada saat itu? Apa itu hanya untuk mengisi waktu luang? Mengurangi tingkat stres? Sebagai contoh, katakanlah salah satu pemicunya adalah stres di tempat kerja dan dengan merokok dapat membantu menenangkan diri anda. Carilah solusi, apa yang bisa anda dilakukan saat itu untuk mengatasi stres selain merokok? Contohnya anda bisa mencoba istirahat sejenak dari pekerjaan kantor, berbaring, mengonsumsi air putih, atau mencoba melakukan yoga ringan. Untuk tiap-tiap pemicu, tulislah dua atau tiga strategi. Kemudian berkomitmen untuk menggunakan strategi tersebut saat situasi itu terjadi kembali.
  4. Cari dukungan
    Berhenti merokok terasa lebih mudah ketika orang terdekat anda mendukung dan turut ikut membantu. Dukungan bisa anda dapatkan mulai dari istri atau pacar, orang tua, teman akrab dan teman sekantor. Jenis dukungan yang diberikan bisa dalam bentuk tindakan maupun motivasi.

Manfaat Berhenti Merokok

Manfaat yang dapat anda rasakan setelah berhasil berhenti merokok pada hari pertama dan cobalah rasakan perbedaannya.

  1. Tekanan darah dan denyut nadi kembali normal setelah 20 menit.
  2. Tingkat oksigen dalam darah kembali normal setelah 8 jam.
  3. Paru-paru mulai membersihkan penumpukkan tar setelah 24 jam.
  4. Bau dan rasa yang baik mulai meningkat setelah 48 jam.
  5. Bernafas akan lebih mudah, tabung bronkial akan lebih baik dan terjadi peningkatan energi setelah 72 jam.
  6. Berjalan dan berlari jauh akan lebih mudah setelah 2 hingga 12 minggu selanjutnya.
  7. Paru-paru memiliki ruang untuk oksigen hingga 10 persen lebih banyak setelah 3 sampai 9 bulan.
  8. Risiko serangan jantung menurun hingga setengahnya setelah berjalan satu tahun. Bahkan setelah 10 tahun, risiko kanker paru-paru juga berkurang hingga 50 persen. Dan dalam 15 tahun, risiko serangan jantung akan sama seperti mereka yang non-perokok.
Ini ada sedikit video semoga bisa menyadarkan sobat-sobat yang saat ini masih merokok (terutama saya).

Berhenti merokok tidak dapat dilakukan secara instan, melainkan dilakukan secara berkala dengan peningkatan untuk tiap harinya. Berbagai Tips dan cara berhenti merokok dapat anda jadikan sebuah sumber untuk membantu anda melakukannya.

Author: 

Saya adalah pemilik Kaplik.Com, Tujuan saya menulis adalah untuk berbagi pengetahuan maupun pengalaman kepada semua pembaca. Buat yang ingin tanya-tanya bisa langsung Contact ke Google +1, atau bisa melalui facebook. Thanks...

4 Responses

Leave a Reply