Penggunaan WordPress Conditional Tags

 Blogging, Tutorial wordpress

penggunaan wordpress conditional tagsWordPress Conditional Tags merupakan suatu kode yang digunakan para pengguna wordpress untuk memodifikasi theme agar tampilan dari masing-masing kondisi atau halaman berbeda.

Sebagai contoh, pada sidebar halaman postingan terdapat recent post, kemudian kita ingin pada halaman homepage menampilkan random post. Kondisi demikian bertujuan agar pengunjung dapat membaca postingan lainnya.  Yang namanya homepage itu berisi recent post, kenapa sidebarnya menampilkan recent post juga, maka alternatifnya menggunakan random post.

Jenis-jenis WordPress Conditional Tags

Sebenarnya ada banyak wordpress conditional tags yang dapat digunakan dalam pemrograman wordpress, tapi yang familiar dan paling sering dipakai oleh theme devel-oper adalah:

  1. Is_home()
    Kondisi ini digunakan untuk menampilkan sesuatu hanya pada halaman homepage saja (index.php).
  2. Is_single()
    Kondisi ini digunakan untuk menampilkan sesuatu hanya pada halaman postingan saja (single.php).
  3. Is_page()
    Kondisi ini digunakan untuk menampilkan sesuatu hanya pada halaman statis saja (page.php).
  4. Is_archive()
    Kondisi ini digunakan untuk menampilkan sesuatu hanya pada halaman arsip saja (archive.php). Arsip biasanya berisi category dan tag.
  5. Is_search()
    Kondisi ini digunakan untuk menampilkan sesuatu hanya pada halaman pencarian saja.
  6. Is_category()
    Kondisi ini digunakan untuk menampilkan sesuatu hanya pada halaman category saja.

Contoh Penggunaan WordPress Conditional Tags

Disini saya berikan sebuah contoh penggunaan wordpress conditional tags untuk menampilkan random post pada halaman homepage dan recent post untuk halaman postingan. Maka script/kode yang akan saya gunakan pada sidebar.php seperti ini.

<?php if (is_single()) {$posts_widget_title = 'Recent Posts';} else {$posts_widget_title = 'Random Posts';} ?>

<div class="widget">
<h4><?php echo $posts_widget_title; ?></h4>
<ul>
<?php if (is_single()) {$posts = get_posts('numberposts=10&orderby=post_date');} else {$posts = get_posts('numberposts=10&orderby=rand');}
foreach($posts as $post) {setup_postdata($post);echo '<li><a href="' . get_permalink() . '">' . get_the_title() . '</a></li>';}
$post = $posts[0];?>
</ul>
</div>

Kode diatas akan menampilkan recent post hanya pada halaman postingan, selebihnya akan menampilkan random post. Anda dapat memodifikasi wordpress conditional tags is_single() sesuai dengan keinginan anda.

Selain itu untuk menerapkan theme konsep blogazine, silahkan kombinasikan cara-cara diatas dengan custom CSS per post untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Anda juga dapat menggunakan wordpress conditional tags ini untuk memodifikasi kondisi tampilan iklan yang ada di blog anda. Jadi seolah-olah pengunjung tidak menganggap itu sebuah iklan, karena letaknya yang berubah-ubah.

Author: 

Saya adalah pemilik Kaplik.Com, Tujuan saya menulis adalah untuk berbagi pengetahuan maupun pengalaman kepada semua pembaca. Buat yang ingin tanya-tanya bisa langsung Contact ke Google +1, atau bisa melalui facebook. Thanks...

2 Responses

Leave a Reply