Pengaturan Booting BIOS dari USB Flashdisk

 Tips install windows

pengaturan booting biosSebelumnya saya telah menulis bagaimana cara melakukan installasi windows tanpa harus menggunakan CD/DVD, yaitu menggunakan alternatif USB Flashdisk. Kini akan saya jelaskan bagaimana pengaturan booting bios dari USB Flashdisk.

Sebagian dari kita yang belum terbiasa dalam hal mengotak atik PC/laptop, mungkin belum tahu bagaimana cara mengatur agar komputer/laptop booting awal dari USB Flashdisk. Untuk bisa booting dari USB flashdisk, kita harus melakukan pengaturan dari BIOS itu sendiri.

Berikut langkah pengaturan booting BIOS ke USB FlashDisk

Cara mengubah pengaturan BIOS agar komputer booting pertama kali membaca USB Flashdisk:

  1. Tancapkan Flasdisk pada port USB
  2. Nyalakan komputer atau restart komputer terlebih dahulu.
  3. Ketika komputer nyala. biasanya ada informasi tekan tombol tertentu untuk masuk ke BIOS. Tekan tombol tersebut beberapa kali untuk memastikan tombol sudah ditekan. Berikut contoh beberapa pesan yang menerangkan bahwa tombol tersebut digunakan untuk masuk ke BIOS, karena tiap-tiap BIOS pesannya berbeda-beda:
    • Press DEL to enter BIOS setup ( berarti kita tekan tombol Delete, di hampir sebagian besar PC)
    • Press F2 for System Utilities ( Berarti kita tekan tombol F2, biasanya : di laptop/netbook )
    • Di beberapa PC/Laptop, mungkin dengan tombol yang berbeda, pastika untuk memeriksa pesan awal yang tampil.
  4. Setelah masuk ke BIOS, lakukan pengaturan proses booting awal
    phoenix-bios-01
    ami-bios-01
  5. Cari tab Menu BOOT, jika tidak ada, cari di menu lain dalam BIOS yang didalamnya ada keterangan seperti : Booting, Boot Priority, Boot Order dan sebagainya
  6. Apabila USB Flashdisk sudah terpasang, seharusnya tampilan akan seperti gambar berikut:
    phoenix-bios-02-boot
    Untuk AMI BIOS, hanya ada 1st Boot dan 2nd Boot, sehingga USB Flashdisk tidak akan langsung tampil di pilihan/urutan booting.
    ami-bios-02-boot
    ami-bios-03
    maka perlu di cek di pilihan menu lainnya, jika ketemu tulisan USB maka arahkan/pindahkan USB tersebut ke 1st Boot.
    ami-bios-04
  7. Selanjutnya ubah agar USB berada di urutan booting pertama (biasanya ada keterangan Boot Priority OrderBoot Device Priority dan sejenisnya lah)
    phoenix-bios-03
    ami-bios-boot-priority
  8. Setelah semua selesai, buka menu Exit dan Pilih menu Save Changes and Exit atau Exit Saving Changes

    ami-bios-06
  9. Pengaturan akan tersimpan dan komputer akan restart dengan otomatis, selanjutnya komputer pertama kali booting akan membaca USB Flashdisk yang ada di laptop atau komputer anda.

Catatan yang perlu diperhatikan dari pengaturan booting bios

Jika booting dari USB Flashdisk tidak diperlukan lagi lagi, sebaiknya pengaturan di kembalikan ke keadaan sebelumnya, agar sistem pada saat booting tidak terganggu.

Di beberapa BIOS untuk pengaturan booting bios berbeda-beda, kuncinya anda harus mengerti dan tau dimana letak USB agar bisa di pindahkan ke urutan booting pertama.

Author: 

Saya adalah pemilik Kaplik.Com, Tujuan saya menulis adalah untuk berbagi pengetahuan maupun pengalaman kepada semua pembaca. Buat yang ingin tanya-tanya bisa langsung Contact ke Google +1, atau bisa melalui facebook. Thanks...

No Responses

Leave a Reply