Memproteksi MS Excel Worksheet dengan Password

 Tips Office

memproteksi ms excel worksheet dengan passwordBayangkan jika file excel anda dibuka orang lain dan dengan mudah dia mengubah isi dari sebagian text yang ada didalamnya. Sebagai solusi MS excel menyediakan fasilitas proteksi, sehingga anda dapat mengunci tiap cell yang ada pada worksheet.

Setelah worksheet dikunci, maka dengan itu otomatis formula yang digunakan akan disembunyikan ketika orang lain membukanya. Meskipun demikian, orang lain tetap dapat membuka dan mencetak, namun mereka tidak bisa mengubah isi dari file tersebut. Selain itu, anda dapat menambahkan password untuk keamanan ganda. Berikut ini langkah yang harus anda lakukan.

  1. Buka file excel  anda, klik dan drag cell yang ingin anda proteksi. Pada ribbon bagian cells, klik Format > Format Cells.
    format cells worksheet excel
  2. Maka akan terbuka jendela Custom List, kemudian klik tab ‘Protection’. Beri tanda centang pada opsi ‘Locked’ untuk mengunci cell yang telah anda pilih. Centang opsi ‘Hidden’ jika ingin menyembunyikan formula yang digunakan. Kemudian klik OK.
    mengunci ms excel worksheet
  3. Selanjutnya pada ribbon bagian cells, klik format > Protect Sheet.
    memproteksi microsoft excel worksheet
  4. Masukkan password yang diinginkan. Anda juga dapat mengatur beberapa hal yang boleh dilakukan oleh orang lain pada bagian ‘Allow all user of this worksheet to. Setelah pengaturan sudah fix,klik Ok.
    mengunci file excel dengan password
  5. Masukkan kembali password untuk memproses. Pastikan anda mengingat password yang dimasukkan, karena lupa password tidak dapat di recovery.
    konfirmasi pasword untuk melindungi worksheet
  6. Untuk mencobanya, buka file excel tersebut, coba anda ubah isi dari salah satu cell yang sudah diproteksi. Maka akan keluar kotak dialog yang menyebutkan bahwa cell tersebut telah diproteksi.
    notifikasi bahwa cells diproteksi
  7. Untuk membuka cells yang telah dikunci, pada bagian ribbon pilih cells > Format > Unprotect Sheet.
    membuka proteksi ms excel worksheet
  8. Lalu masukkan password anda, maka cells yang telah dikunci dapat anda edit kembali.
    konfirmasi pasword untuk membuka worksheet

Dengan memberikan password pada file excel anda, maka file tersebut akan lebih aman dari tindakan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Dan perlu diingat, jangan pernah lupa dengan password yang digunakan, karena password yang telah dibuat tidak bisa direcovery.

Author: 

Saya adalah pemilik Kaplik.Com, Tujuan saya menulis adalah untuk berbagi pengetahuan maupun pengalaman kepada semua pembaca. Buat yang ingin tanya-tanya bisa langsung Contact ke Google +1, atau bisa melalui facebook. Thanks...

No Responses

Leave a Reply