Efek Buruk Menyentuh Wajah dengan Tangan

 Kesehatan

efek buruk menyentuh wajah dengan tanganTahukah anda efek buruk menyentuh wajah dengan tanganSecara tidak sadar, ini kerap sekali terjadi. Sadarkah Anda besar kemungkinan  itulah awal penyebab timbulnya jerawat? 

Lebih baik mencegah dari pada harus mengobati, namun apabila jerawat sudah timbul maka anda perlu tips untuk memerangi timbulnya jerawat membandel.

Hampir semua aktivitas kita sehari-hari dilakukan dengan tangan. Oleh sebab itu sebagian besar bakteri dan kuman yang kita temui setiap hari akan menempel di tangan kita.

Telapak tangan = sumber bakteri

Awal pemicu timbulnya jerawat adalah saat pori-pori wajah tersumbat oleh sel kulit mati, minyak, atau kosmetik, kemudian bercampur dengan debu dan bakteri. Bayangkan apa yang terjadi ketika tangan kita yang penuh kuman menyentuh kulit wajah yang sudah ditutupi oleh minyak dan debu setelah seharian beraktivitas. Tak heran jika jerawat di wajah pun tak kunjung berkurang.

Yang menjadi masalah, aktivitas menyentuh wajah ini dilakukan secara tidak sadar atau memang sudah ketergantungan/kebiasaan.

Bagaimana solusi menghentikan kebiasaan buruk ini?

1. Pastikan tangan selalu bersih
Cucilah tangan dengan bersih menggunakan sabun atau antiseptic. Tidak perlu sering-sering mencuci tangan, karena itu akan membuang bakteri baik yang ada di telapak tangan serta membuat kulit tangan jadi kasar. Cucilah tangan sehabis melakukan aktivitas yang mentransfer banyak kuman, contohnya sehabis memegang sarana umum.

2. Jangan memegang rambut
Rambut mengandung minyak dan banyak debu menempel di rambut.  Janganlah menyentuh wajah sehabis memegang rambut karena jika menyentuh wajah (baik langsung maupun melalui perantara tangan) bisa menambah penumpukan minyak di kulit muka yang dapat membuat pori-pori tersumbat dan pada akhirnya menyebabkan timbulnya jerawat.

3. Punggung tangan sebagai alternatif
Jika Anda benar-benar di tuntut harus menyentuh wajah, misalnya untuk membuang benda asing atau menggaruk, gunakan punggung tangan sebagai alatnya bukan telapak tangan. Bukan berarti punggung tangan bebas kuman, kemungkinan jumlahnya tidak sebanyak kuman yang ada di telapak tangan.

4. Lakukan aktifitas yang melibatkan tangan
Biasanya kebiasaan memegang jerawat dan mengelus-elus kulit wajah dilakukan saat sedang tidak ada kegiatan atau iseng-iseng. Untuk mengalihkannya, lakukan kegiatan yang melibatkan kedua tangan, misalnya memainkan jemari tangan, memasukkan tangan ke dalam saku, itu bisa menjadi kegiatan yang dapat menghindari tangan memegang atau mengusili wajah.

5. Melibatkan orang-orang terdekat
Mintalah sahabat, kekasih, keluarga, dan rekan-rekan kerja untuk mengingatkan ketika anda memegang wajah dengan tangan. dan jelaskan juga kepada mereka tentang efek buruk menyentuh wajah dengan tangan. Diharapkan dengan melibatkan orang-orang terdekat dapat membantu anda untuk menghidari kebiasaan buruk ini dan saling mengingatkan.

Author: 

Saya adalah pemilik Kaplik.Com, Tujuan saya menulis adalah untuk berbagi pengetahuan maupun pengalaman kepada semua pembaca. Buat yang ingin tanya-tanya bisa langsung Contact ke Google +1, atau bisa melalui facebook. Thanks...

One Response

Leave a Reply