Cara Riset Keyword Sebelum Membuat Posting

 Belajar SEO

Cara Riset KeywordRiset keyword sebelum membuat postingan sangat diperlukan, tujuannya adalah agar tiap artikel yang di publish memiliki visitor setiap harinya. Hal ini sangat vital dalam hal meningkatkan jumlah pengunjung.

Pentingnya riset keyword

Logikanya seperti ini:

Kalau membuat sebuah blog dengan istilah gado-gado (semua content ada), sampai-sampai setiap harinya bisa update artikel 5 sampai 10 artike perhari. Itu sama saja seperti bikin toko kelontong, barang apa aja ada, tapi tidak tahu apakah ada orang yang beli atau tidak. Hasilnya ya tetap ada yang beli tapi sifatnya relative bahkan bisa dibilang kebetulan mampir.

Bandingkan logika di atas dengan logika ini:

Sebelum seseorang membuka sebuah toko, melakukan sebuah riset meliputi barang apa yang kira-kira sedang trend saat ini atau barang apa yang banyak orang cari dan jumlah pesaing yang menjual barang tersebut sedikit. Kemudian barang hasil riset tersebut dipajang di tokonya.

Mana yang paling gampang mendapatkan pengunjung logika pertama atau logika kedua?
Itulah pentingnya riset keyword sebelum membuat postingan.

Cara riset keyword dengan google adwords

  1. Buka Google adword
  2. Pengaturan yang perlu diperhatikan
    • Match type : exact
      Supaya hasil estimasi yang ditampilkan adalah hasil estimasi kata kunci yang sama persis dengan keyword.
    • Location and Language : Indonesia
      Negeara visitor yang di bidik.
    • Only show ideas closely related to my search term
      Boleh di centang boleh tidak. Kalau di centang maka hanya menghasilkan kata-kata kunci yang mengandung keyword yang di bidik saja, sedangkan kalau tidak di centang maka akan menghasilkan keyword yang berhubungan dan mungkin sebelumnya tidak tidak terpikirkan oleh kita.
    • Word for phrase
      Berisikan keyword yang akan di bidik.
    cara riset keyword dengan google adwords
  3. Sebagai contoh, misal aku ingin membuat sebuah toko online jam tangan, maka aku pengen cari keyword seputar “jam tangan”. Maka akan keluar hasil seperti ini.
    hasil riset main keyword

    Setelah hasil di tampilkan klik tab global monthly search biar listnya diurutin dari jumlah pencarian terbesar ke yang terkecil. Dari hasil pencarian tersebut yang tidak perlu diperhatikan adalah colom competition, karena itu hanya berisi jumlah tingkat pengiklan.

  4. Berdasarkan hasil diatas jam tangan memiliki estimasi jumlah pencarian sebesar 33.100, itu kompetisi yang terlalu besar dan cukup sulit untuk membidik keyword tersebut. Maka alternatifnya adalah dengan memilih keyword “harga jam tangan”yang memiliki kompetisi rendah dengan estimasi jumlah pencarian 1900 perbulannya.
    hasil riset second keyword

    Jadi hitungannya, jumlah pengunjung perhari dengan keyword harga jam tangan:

    harga jam tangan = 1900/30=  63 x 40% = 25 pengunjung perharinya

    40% itu rata-rata estimasi yang di keluarkan google.

Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mencari tahu seberapa besar competitors untuk keyword tersebut di google. Apabila jumlah competitors tergolong sedikit dan mudah untuk di optimasi maka fix keyword tersebut menjadi keyword yang akan di bidik dalam postingan atau artikel.

Setelah selesai melakukan riset keyword, dilanjutkan dengan menulis sebuah artikel yang di optimasi dengan SEO on Page, fungsinya agar artikel yang ditulis lebih SEO friendly sehingga besar kemungkinan untuk masuk page 1 google.

Author: 

Saya adalah pemilik Kaplik.Com, Tujuan saya menulis adalah untuk berbagi pengetahuan maupun pengalaman kepada semua pembaca. Buat yang ingin tanya-tanya bisa langsung Contact ke Google +1, atau bisa melalui facebook. Thanks...

9 Responses

Leave a Reply