Cara Redirect Domain ke WWW Menggunakan Cpanel

 Tutorial wordpress

cara redirect domain ke wwwPernah tidak membeli domain untuk membuat sebuah web/blog. Perhatikan ketika membeli domain, tidak ada yang menyediakan www.namadomain.com, melainkan hanya namadomain.com.  Maka diperlukan redirect domain (301) dari namadomain.com menjadi www.namadomain.com.

Tidak perlu ambil pusing, karena Cara redirect domain (301) sangatlah mudah. Salah satu cara adalah menggunakan Cpanel. Selain domain utama subdomain juga bias diredirect menjadi www.subdomain.namadomain.com. Caranya sama dengan redirect domain utama.

Untuk melakukannya, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara redirect domain ke WWW menggunakan Cpanel

  1. Login ke CPanel.
  2. Pada bagian menu domain pilih redirects.
    redirect domain
  3. Selanjutnya gunakan permanent redirect (301) untuk meredirect domain utama menjadi www.
    permanent redirect 301Untuk bagian Type = permanent (301), http://(www.)? = pilih nama domain utama, redirect to = tuliskan nama domain utama menggunakan www, www. Redirection = Redirect with or without www., beri tanda centang pada wild card redirect.
  4. Maka hasilnya akan seperti ini…
    redirect domain ke www
  5. Selanjutnya buka addon domain,
    addon domains lihat nama domain yang telah diredirect tadi, dibagian belakang ada $1. Untuk menghilangkannya klik manage redirection -> save.
    pengaturan redirect domain Lihat hasilnya, tanda $1 sudah menghilang.
    hasil akhir redirect domain ke www
  6. Sekarang giliran merubah .htacces yang ada di domain utama. Tambahkan kode berikut ini, pada file .htacces domain yang diredirect (jika ingin copas kode pakai Google chrome).
    RewriteCond %{HTTP_HOST} ^namadomain\.com$ [OR]
    RewriteCond %{HTTP_HOST} ^www\.namadomain\.com$
    RewriteRule ^/?$ "http\:\/\/www\.namadomain\.com\/" [R=301,L]
  7. Cabo test domain menggunakan browser anda, ketikkan menggunakan www atau tanpa www, jika hasil yang url adalah www.namadomain.com, berarti redirection telah berhasil.

Berarti untuk saat ini redirects domain sudah berhasil dilakukan. Jika domain utama memiliki subdomain atau cdn/static subdomain, lakukan juga redirection terhadap subdomain tersebut. Jika domain utama belum memiliki subdomain berarti domain tersebut masih tergolong baru, buatlah cdn menggunakan subdomain untuk meningkatkan performa load pada web/blog anda.

Cara redirect domaian ke www ini sudah saya terapkan pada domain yang baru saja saya beli (kalau tidak percaya buka aja domainnya). Anda juga dapat menggunakan cara ini untuk meriderect domain ke www, dijamin aman kok. Selamat ber-eksperiment, Good luck ya.

Author: 

Saya adalah pemilik Kaplik.Com, Tujuan saya menulis adalah untuk berbagi pengetahuan maupun pengalaman kepada semua pembaca. Buat yang ingin tanya-tanya bisa langsung Contact ke Google +1, atau bisa melalui facebook. Thanks...

5 Responses

Leave a Reply