Cara Optimasi Situs Menggunakan CloudFlare cPanel

 Tutorial wordpress

optimasi situs cloudflare cpanelCloudFlare adalah sebuah teknologi Cloud Computing di internet. CloudFlare  berfungsi sebagai jembatan agar pengunjung, attackers, crawlers & bots tidak langsung mengunjungi webserver, tetapi dialihkan ke webserver bayangan CloudFlare.

CloudFlare, adalah layanan CDN (Content Delivery Network) dan distibusi Domain Name Server yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan kecepatan akses website/blog yang disertai dengan fitur keamanan. CloudFlare menyediakan layanan gratis dan berbayar.
kelebihan menggunakan cloudflare Jika anda pengguna share hosting yang berstatus sebagai CloudFlare Certified Partner, maka di dalam cPanel yang anda gunakan pasti memiliki fitur CloudFlare. Untuk pengguna yang ingin melakukan optimasi situs menggunakan CloudFlare cPanel, berikut ini panduannya.

Cara optimasi situs menggunakan CloudFlare cPanel

  1. Melalui cPanel, bagian software/service, pilih CloudFlare.
    cloudflare cpanel
  2. Hal pertama yang harus dilakukan adalah sign up terlebih dahulu, dengan cara mendaftarkan email anda ke CloudFlare.
    sign up cloudflare
  3. Dengan begitu, email anda sudah terdaftar di CloudFlare. Password untuk akses masuk ke situs CloudFlare akan dikirim ke email anda.
    daftar cloudflare
  4. Jika tampilan otomatis berubah seperti gambar berikut, berarti cPanel anda sudah terdaftar sebagai partner CloudFlare.
    aktifkan cloudflare Untuk mengaktifkan CloudFlare pada situs anda, silahkan klik gambar awan berwarna gelap hingga menjadi kuning cerah.
  5. Jika awan sudah menguning artinya CloudFlare sudah aktif dan siap digunakan. Jika domain memiliki subdomain dan cdnsubdomain, aktifkan juga CloudFlare untuk subdomain tersebut.
    aktifkan cloudflare domain dan subdomain Setelah itu klik statistics and Settings, untuk melakukan pengaturan CloudFlare pada domain anda.
    cloudflare settings domain Pada CloudFlare account type = Free, CloudFlare security settings = Low, Development Mode is Currently = off, Always online = On, Automatic IPv6 = off, CloudFlare Chacing Level = Basic.

Karena cPanel yang anda gunakan terdaftar sebagai CloudFlare Certified Partner, berarti tidak perlu mengubah name server, mengubah name server hanya untuk pengguna yang mendaftarkan situsnya langsung ke situs CloudFlare. Jika melakukan perubahan terhadap file static seperti CSS, gambar dll, non-aktifkan terlebih dahulu CloudFlare, dengan cara klik awan berwarna kuning cerah hingga berubah menjadi awan gelap.

Setelah optimasi situs menggunakan CloudFlare, bedakan kecepatan dan penggunaan bandwith situs anda setelah dan sesudah menggunakan CloudFlare. Selain itu anda dapat menggunakan teknik kompresi untuk mempercepat loading blog anda.

Author: 

Saya adalah pemilik Kaplik.Com, Tujuan saya menulis adalah untuk berbagi pengetahuan maupun pengalaman kepada semua pembaca. Buat yang ingin tanya-tanya bisa langsung Contact ke Google +1, atau bisa melalui facebook. Thanks...

One Response

  1. Pengobatan Liver Herbal12/12/2012 at 11:42Reply

    kayaknya boleh di coba nih gan untuk mengoptimalkan seo…hee

Leave a Reply