Cara Merekam Layar Monitor dan Membuat Video Capture

 Software

Cara Merekam Layar Monitor dan Membuat Video Capturekaplik.com – Pernah tidak lihat video-video tutorial di youtube? Pengen tau gimana cara membuatnya? Disini akan saya ungkap bagaimana cara Cara merekam layar monitor dan membuat video capture.

Video tutorial tersebut di buat menggunakan sebuah software yang berfungsi untuk mengcapture gambar, merekam powerpoint dan mampu merekam aktivitas di layar monitor.

Software yang digunakan adalah software camtasia studio, jika berminat silahkan coba Camtasia Studio 7 melalui link sumber ini.

Sumber: http://www.techsmith.com/

3 langkah mudah yang ditawarkan oleh aplikasi ini yaitu Record, Edit dan Share. Anda bisa dengan mudahnya merekam aktivitas di layar monitor Anda, mengeditnya dan share ke Youtube. Software ini mampu menghasilkan video dengan format .mp4, .avi, .mpeg dan .gif

Nah, kali ini kita akan belajar untuk meng-capture video sederhana dan menjadikannya file berformat *.mp4, yang mana hasilnya nanti bisa kita upload kembali ke Youtube.

Dalam percobaan ini kita menggunakan Camtasia Studio 7, pastikan aplikasi ini sudah terinstalasi di computer anda.

  1. Buka aplikasi Camtasia Studio 7 di komputer anda, untuk tampilan camtasia studio 7 dapat dilihat pada gambar berikut:camtasia-studio-project
  2. klik Record the screenuntuk mulai merekam tampilan layar monitor anda, maka akan tampil tools seperti gambar berikut.camtasia-selectarea-record
  3. Pilih Select Areafull screen atau custom untuk menentukan area yang akan direkam.
  4. Selanjutnya pilih besarnya dimensi atau resolusi video yang akan direkam, besarnya resolusi mempengaruhi bagus atau tidaknya resolusi pada video. Semakin besar resolusinya maka akan semakin bagus hasilnya, namun ukuran file juga akan semakin besar.
  5. Pilih Recorded Inputs yang akan digunakan, jika ingin merekam video dari webcame pilih webcame on. Jika dalam proses perekaman ingin menggunakan suara dari mic maka pilih audio on dan atur besar kecil volume suara yang akan direkam.
  6. Untuk memulai merekam klik tombol REC, maka tampilan selanjutnya akan seperti gambar berikut.
    camtasia-record-screen
  7. Perhatikan gambar diatas, akan ada hitungan mundur sebelum proses merekam dimulai. Jika sudah menunjukkan 0 berarti dimulai, pada bagian duration akan menunjukkan detik dan menit dari video yang kita ambil. Ada 3 tombol utama di bagian ini yaitu Delete (untuk menghapus video yang salah ambil), Pause dan Stop.
  8. Jika sudah puas merekam, silahkan klik Stop atau F10.
  9. Selanjutnya video hasil rekaman kita akan ditampikan pada jendela preview, terdapat 3 pilihan di sini yaitu Save and Edit, Produce dan Delete.
    camtasia-produce

    Untuk proses pembuatan video instan, maka kita akan menggunakan fitur Produce yang mana dalam contoh ini asumsinya video yang kita buat sudah bagus, sehingga tidak perlu proses pengeditan lebih lanjut.

  10. Maka akan terbuka jendela untuk menyimpan materi video awal tersebut(file yang disimpan belum berformat video, masih format awal video mentah).
    camtasia-save-record

    Kemudian simpan sesuai dengan nama yang Anda inginkan.

  11. Jendela Production Wizard pun akan terbuka secara otomatis. Lihat jendela produktion pada gambar berikut.
    camtasia-production-wizard

    Pilih format video yang dinginkan.

  12. Pilih lokasi penyimpana dan klik finish.
    camtasia-finish-record
  13. Jika sudah selesai, maka akan terbuka jendela notifikasi status rendering video Anda. Tunggu hingga proses ini selesai.
  14. Silahkan buka video pada folder penyimpanan yang telah ditentukan tadi.
  15. Putar video yang telah anda rekam menggunakan video player. Bagaimana hasilnya?

Cara Merekam Layar Monitor dan Membuat Video Capture dengan software camtasia studio biasanya dilakukan untuk membuat video tutorial dan persentasi.

Author: 

Saya adalah pemilik Kaplik.Com, Tujuan saya menulis adalah untuk berbagi pengetahuan maupun pengalaman kepada semua pembaca. Buat yang ingin tanya-tanya bisa langsung Contact ke Google +1, atau bisa melalui facebook. Thanks...

6 Responses

  1. lina03/02/2012 at 13:12Reply

    ini dia,, thank,,, singgah ke blogq ya

    oke sama2, semoga bermanfaat
  2. Agus Munawar31/03/2012 at 19:14Reply

    File size-nya besar juga ya… :)

    namanya jg software gituan gan, biasa gede sizenya. kmaren aku install utk buat tugas juga lama bgt nginstallnya. tp recomended lah. gara2 tuh software ane dpt A. :)
  3. gio03/06/2012 at 14:16Reply

    tapi saya pke ngerekam ppt, hasilnya pasti patah2, gmna cranya spaya hasilnya maksimal?

  4. Fathur20/06/2012 at 13:32Reply

    Bakal ngerekam layar gaming ^_^

  5. Wedew20/09/2012 at 23:50Reply

    bang kalo udah jadi size nya berapa kira2 ?
    klo FRAPS kan 10 menit aja udah 1gb lebih.

    saya iru pernah coba pakai sampai 20 menitan, jadinya cuma 5Mb. itu file setelah dijadiin videonya, kalau file mentah (file project, sampai 200 mega-an).
  6. Cipto11/11/2012 at 22:11Reply

    Bagus ini artikel bisa untuk referensi yang belum pernah membuat video camtasia.
    Thanks

Leave a Reply