Cara Mengganti Name Server Domain Control

 Tutorial wordpress

cara mengganti name server domain controlCara Mengganti Name Server Domain Control – Satu hal yang harus anda ketahui bahwa domain dan hosting adalah dua hal yang berbeda. Namun keduanya saling berhubungan jika anda ingin membuat website atau membuat blog custom domain.

Lalu bagaimana domain dan hosting bisa saling terhubung? Keduanya bisa saling terhubung ketika alamat Name Server hosting digunakan sebagai alamat Name Server pada kontrol domain yang anda miliki.

Berbeda dengan install CMS untuk domain anda yang dapat dilakukan melalui cPanel, sedangkan untuk mengganti name server domain control tidak dapat dilakukan melalui cPanel, tapi anda harus mengganti name server domain control melalui tempat dimana anda membeli domain. Contohnya disini saya menggunakan Godaddy sebagai registrar tempat membeli domain, berarti saya harus mengganti name server domain control melalui akun Godaddy saya.

Informasi Name Server

Ketika anda membeli sebuah paket hosting, sebagai contoh membeli paket hosting di hawkhost.com, maka anda akan mendapatkan email pemberitahuan seluruh informasi mengenai akun anda di hosting tersebut.
informasi name server hosting Berdasarkan contoh gambar diatas, Name Server (NS) yang harus anda masukkan pada pengaturan Name Server di kontrol domain anda adalah :
Nameserver 1: ns1.hawkhost.com
Nameserver 2: ns2.hawkhost.com

Cara mengganti name server domain control di Godaddy

Apabila anda membeli domain, maka seharusnya anda mendapatkan sebuah domain kontrol. Untuk mengakses alamat domain kontrol, silahkan tanya ke bagian support tempat dimana anda membeli domain tersebut. Karena setiap jasa penyedia domain memiliki akses domain control yang berbeda-beda. Disini akan saya berikan contoh cara mengganti name server domain control di Godaddy (karena Godaddy merupakan salah satu jasa penyedia domain yang paling kondang saat ini).

  1. Silahkan kunjungi godaddy.com dan login ke akun anda.
  2. Setelah itu klik My Account yang berada di pojok kiri atas. Lalu bada menu tab Product, pilih domain dan klik Launch.
    launch domain godaddy
  3. Klik nama domain yang ingin di ganti name server-nya.
    pilih nama domain name server
  4. Maka akan ditampilkan detail dari domain tersebut, lalu cari Nameservers > klik Set Nameservers.
    merubah domain name server di godaddy
  5. Lalu pilih opsi ‘I have specific nameservers for my domains’,  isi Nameserver 1 dan Nameserver 2 sesuai dengan alamat Name Server hosting anda. Untuk Nameserver 3 dan Nameserevr 4, biarkan saja kosong. Jika alamat Name Server sudah benar, klik OK.
    mengganti domain name server di godaddy

Perlu anda ketahui bahwa setelah proses mengganti Name Server, domain anda tidak akan langsung terhubung dengan hosting, namun perlu beberapa waktu/menit agar domain tersebut terhubung dengan hosting yang dimaksud. Sekian cara mengganti name server domain control, semoga bermanfaat untuk anda.

Author: 

Saya adalah pemilik Kaplik.Com, Tujuan saya menulis adalah untuk berbagi pengetahuan maupun pengalaman kepada semua pembaca. Buat yang ingin tanya-tanya bisa langsung Contact ke Google +1, atau bisa melalui facebook. Thanks...

No Responses

Leave a Reply