Cara Mengganti IP Address dan DNS di Windows 7

 Tips Windows 7

cara mengganti IP address dan DNS server di windows 7Kini semakain banyak orang yang menggunakan Windows 7 karena tampilan dan kinerjanya lebih baik dari Windows XP, maka dari itu disini akan di bahas bagaimana cara mengganti IP address dan DNS di windows 7.

Setelah sebelumnya di bahas mengenai cara mempercepat koneksi internet, baik itu menggunakan software dan DNS cepat, kini tinggal menambahkan bagaimana cara menempatkan IP address dan DNS yang di peroleh ke dalam windows 7.

Untuk mengubah IP address dan DNS server di windows 7 caranya sama, karena mereka berdua berada pada letak yang sama (suami istri, jadi selalu satu kamar). Jika dibandingkan dengan windows XP caranya sedikit berbeda.

Langkah atau Cara mengganti IP address/ DNS  di windows 7

Untuk mengubah IP address dan DNS server agar sesuai dengan yang kita inginkan, berarti kita harus merubah pengaturan network protocol yang ada di windows 7. Berikut ini cara mengganti IP address dan DNS di windows 7 (implementasi ini berlaku untuk semua jenis windows 7):

  1. Masuk ke Control Panel
  2. Pilih Network and Internet
  3. Kemudian pilih Network and Sharing Center
  4. Lalu masuk ke Change adapter setting yang berada di menu sebelah kiri
  5. Maka akan disajikan semua jenis provider internet yang pernah anda gunakan (jika anda menggunakan lebih dari satu jenis provider). Kemudian pilih provider mana yang akan digunakan untuk koneksi internet saat ini. Missal: saya menggunakan Wireless Network Connection.
    choose network propertis
  6. Maka akan muncul jendela Network Connection Properties, Kemudian pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPV4) > lalu properties
    setting network connection
  7. Maka akan disajikan jendela yang digunakan untuk mengganti IP address dan DNS server.
    • Jika hanya ingin merubah IP address saja klik use the following IP address.
    • Jika hanya ingin merubah DNS server saja klik use the following DNS server address.
    • Jika ingin merubah kedua-duanya maka klik kedua-duanya.
    mengganti ip address dan dns server
  8. Lakukan restart windows terlebih dahulu, untuk memastikan kalau IP address / DNS server telah berubah.
  9. Untuk lebih memastikan perubahan IP address dan DNS server telah berubah, dapat menggunakan perintah ipconfig /all melalui DOS. Jika belum tahu silahkan lakukan cara berikut: start > ketik RUN di kolom search > enter > ketikkan cmd > ketik ipconfig /all > lihat hasilnya.

Langkah-langjah diatas dapat anda gunakan jika anda belum mengetahui cara mengganti IP address dan DNS di windows 7, bagi yang sudah terbiasa tutup mata juga bisa.

Author: 

Saya adalah pemilik Kaplik.Com, Tujuan saya menulis adalah untuk berbagi pengetahuan maupun pengalaman kepada semua pembaca. Buat yang ingin tanya-tanya bisa langsung Contact ke Google +1, atau bisa melalui facebook. Thanks...

12 Responses

Leave a Reply