Cara Mengatur BIOS agar Booting dari CDROM/DVDROM

 Tips install windows

cara mengatur boot priorityDidalam sebuah sistem komputer terdapat yang namanya boot priority yang artinya urutan prioritas booting. Untuk mengatur BIOS agar Booting dari CDROM/DVDROM dilakukan dengan memindahkan boot perioritas ke CDROM/DVDROM.

Biasanya untuk settingan default sebuah sistem komputer boot perioritas pertama itu adalah Hard drive (HDD). Jadi jika ingin mengakses perioritas booting awal itu adalah CDROM/DVDROM harus dilakukan setting boot priority di BIOS. Tujuan dari pengaturan ini agar memory atau isi yang ada di dalam CD/DVD dapat dibaca terlebih dahulu sebelum membaca Hard Drive. Biasanya ini dilakukan ketika ingin menginstall Windows OS.

Cara mengatur BIOS agar Booting dari CDROM/DVDROM

Berbeda jenis BIOS maka berbeda pula cara pengaturannya. Berikut ini akan saya jelaskan step by step pengaturan booting awal bios untuk Phoenix BIOS dan AMI BIOS, sedangkan untuk jenis BIOS lainnya caranya tidak terlalu jauh berbeda kok.

  1. Nyalakan komputer atau restart komputer terlebih dahulu.
  2. Ketika komputer nyala, biasanya ada informasi tekan tombol tertentu untuk masuk ke BIOS. Tekan tombol tersebut beberapa kali untuk memastikan tombol sudah ditekan. Berikut contoh beberapa pesan yang menerangkan bahwa tombol tersebut digunakan untuk masuk ke BIOS, karena tiap-tiap BIOS pesannya berbeda-beda:
    • Press DEL to enter BIOS setup ( berarti kita tekan tombol Delete, di hampir sebagian besar PC)
    • Press F2 for System Utilities ( Berarti kita tekan tombol F2, biasanya : di laptop/netbook )
    • Di beberapa PC/Laptop, mungkin dengan tombol yang berbeda, pastika untuk memeriksa pesan awal yang tampil.
  3. Setelah masuk ke BIOS, pilih menu tab BOOT dan lakukan pengaturan proses booting awal.
  4. Untuk Phoenix BIOS set priority IDE CD ke urutan awal (tekan F5/F6), untuk hasilnya lihat gambar berikut.
    cara mengatur BIOS agar booting dari CD/DVD Setelah itu tekan F10 untuk save and exit, pilih Yes. Untuk Phoenix BIOS  langsung lompat ke no.7.
  5. Sedangkan AMI BIOS tekan ENTER untuk masuk ke sub screen boot priority.
    ami boot device priority
  6. Kemudian pilih 1st Boot Divece menjadi CD ROM. Seperti gambar
    cara mengatur BIOS agar booting awal dari CD?DVD Setelah itu tekan F10 untuk save and exit, pilih Yes.
    save and exit ami boot periority
  7. Maka setting Boot priority ke CDROM/DVDROM selesai, kemudian setelah itu akan muncul tulisan “Press Any key to boot from CD….
    press any key to boot from CD Jika anda ingin masuk ke bootablenya CD/DVD maka tekan sembarang key di keyboard, jika tidak abaikan saja perintah ini.

Catatan.
Jika boot priority dari CD/DVD sudah tidak dibutuhkan lagi maka kembalikan settingan boot priority ke semula dengan memilih Hard Drive sebagai boot awal.

Dengan cara diatas anda dapat mengatur BIOS agar Booting dari CDROM/DVDROM, sedangkan untuk pengaturan boot priority ke USB Flashdisk anda dapat membaca artikel saya yang sebelumnya.

Author: 

Saya adalah pemilik Kaplik.Com, Tujuan saya menulis adalah untuk berbagi pengetahuan maupun pengalaman kepada semua pembaca. Buat yang ingin tanya-tanya bisa langsung Contact ke Google +1, atau bisa melalui facebook. Thanks...

8 Responses

Leave a Reply