Cara Mengaktifkan Write Protected Flash Drive

 Tips Windows 7
Cara Mengaktifkan Write Protected Flash Driveby Jonoon.Cara Mengaktifkan Write Protected Flash DriveBagi seorang Admin, mungkin menginginkan pengaturan untuk membatasi akses dari flash drive yang terhubung ke komputernya. Anda dapat men-set flash drive yang terhubung dengan komputer Anda hanya memiliki akses untuk membaca (read-only), namun tidak untuk menulis/write. Ini dinamakan Write Protected flash drive. Maksudnya begini, ketika Anda mengaktifkan pengaturan Write Protected, maka ketika terdapat flash drive […]

cara mengaktifkan write protected flash driveBagi seorang Admin, mungkin menginginkan pengaturan untuk membatasi akses dari flash drive yang terhubung ke komputernya. Anda dapat men-set flash drive yang terhubung dengan komputer Anda hanya memiliki akses untuk membaca (read-only), namun tidak untuk menulis/write. Ini dinamakan Write Protected flash drive.

Maksudnya begini, ketika Anda mengaktifkan pengaturan Write Protected, maka ketika terdapat flash drive yang terhubung dengan komputer, Anda hanya dapat membuka/melihat/membaca file yang ada di flash drive tersebut, tapi jika Anda mencoba untuk mengkopi file tersebut ke komputer itu tidak dapat dilakukan, dan sebaliknya mentransfer file dari komputer ke flash drive juga tidak dapat dilakukan.

Hal ini terkadang berguna dalam beberapa kondisi. Contohnya untuk mencegah pencurian data dan juga dapat mencegah penyebaran perangkat lunak berbahaya (virus) dari flash drive ke sistem komputer Anda. Oleh karena itu, sesuaikan pengaturan ini dengan kebutuhan Anda.

Cara mengaktifkan Write Protected USB flash drive

Disini akan saya jelaskan bagaimana cara mengatur/membatasi hak akses dari flash drive ke komputer Anda. Hal ini layaknya seperti saklar, jadi Anda dapat menyesuaikannya sesuai keinginan.

  1. Mulailah dengan membuka RUN (Windows+R). Ketik regedit dan tekan Enter. Maka Anda akan dibawa ke Windows Registry editor.
  2. Masuk ke arah registry key berikut ini:
    HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\
  3. Lihat dibagian Control, apakah terdapat sub-key StorageDevicePolicies? Jika tidak ada, buat key baru dengan mengklik kanan pada “Control” dan pilih New > Key. Kemudian buat sub-key baru dengan nama StorageDevicePolicies.
    cara mengunci flashdisk dengan write protected
  4. Masuk ke StorageDevicePolicies, apakah terdapat WriteProtect didalam StorageDevicePolicies? Jika tidak ada, buat key value dengan mengklik kanan pada “StorageDevicePolicies” kemudian pilih New > DWORD (32-bit) Value. Beri dengan nama WriteProtect.
    cara lock flashdisk
  5. Double klik WriteProtect, dan ini adalah nilai-nilai yang memungkinkan untuk diisi ke file tersebut.
    flash disk write protected

    • 0 : mengizinkan akses menulis/write pada USB Flash Drives.
    • 1 : Ini akan memblokir akses menulis/write pada USB Flash Drives.
  6. Restart computer Anda untuk menerapkan perubahan.

Dengan menerapkan pengaturan Write Protected flash drive ke akses read-only (hanya dapat membaca), itu berarti tindakan yang termasuk untuk mengamankan sistem komputer Anda dari beberapa kemungkinan serangan yang dapat ditimbulkan flash drive ke komputer Anda. Silahkan gunakan pengaturan ini sesuai dengan kebutuhan sehari-hari Anda.

Author: 

Saya adalah pemilik Kaplik.Com, Tujuan saya menulis adalah untuk berbagi pengetahuan maupun pengalaman kepada semua pembaca. Buat yang ingin tanya-tanya bisa langsung Contact ke Google +1, atau bisa melalui facebook. Thanks...

No Responses

Leave a Reply