Cara Mendapatkan Google Sitelink dengan Mudah

 Belajar SEO, Chit-chat

cara mendapatkan google sitelinkMendapatkan Google sitelink merupakan suatu kebanggaan bagi situs kaplik.com. Berarti saat ini Google sudah mengganggap kalau situs ini bermanfaat, memiliki navagisi yang baik dan terpercaya tentunya. Sehingga situs ini memiliki nilai lebih di mata search engine.

Tidak mudah untuk mendapatkan sitelink dan tidak semua website/blog mendapatkan sitelink dari Google, akan tetapi semua website/blog sebenarnya memiliki sitelinks namun kurangnya navigasi yang baik membuat Google belum menampilkannya di search engine.

Pengertian Google sitelink:

Site Link (taut situs) itu sendiri merupakan link-link tautan dinamis dari sebuah situs atau blog, sitelink tersebut juga merupakan navigasi didalam website/blog sehingga pengunjung dapat dengan mudah menemukan banyak pilihan informasi tanpa harus masuk lebih dulu ke halaman homepage.

Sitelinks biasanya muncul ketika orang mengetikkan keyword tertentu yang terdapat di dalam suatu website atau blog. Berikut ini merupakan sitelink yang diberikan Google ke situs kaplik.com.

mendapatkan google sitelink

Kegunaan Google Sitelinks yaitu:

  1. Menunjukkan bahwa Google semakin mengakui kita, berarti juga tingkat kepentingan blog kita di mata Google semakin meningkat.
  2. Sitelinks dapat meningkatkan traffic dan kepercayaan pengunjung terhadap suatu website/blog, karena hanya blog berperingkat bagus dan ber-trafik tinggi yang mendapatkannya.
  3. Sitelinks mengukuhkan kita akan dominasi keyword tertentu, artinya posisi teratas kita dengan keyword tertentu akan sulit digeser.

Cara mendapatkan Google sitelink:

  1. Struktur menu navigasi yang baik
    Gunakanlah navigasi yang terstruktur dengan baik serta dapat dibaca dengan baik pula oleh spider Google. Anda dapat membuat navigasi menu horizontal pada header maupun membuat breadcrumbs pada blog untuk mendapatkan navigasi yang baik pada suatu website/blog.
  2. Blog lebih SEO friendly
    Untuk mendapatkan blog yang lebih SEO friendly anda harus menggunakan theme/template yang sudah dioptimasi. Theme tersebut harus memiliki kode HTML yang dapat menampilkan judul, description, dan keyword. Optimasi bagian blog title dan post title, mempercepat loading blog agar google tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menjelajahi website/blog anda.
  3. Optimasi SEO on page dan SEO off page
    Kekuatan SEO sebuah blog sangatlah penting, bada bagian inilah keyword akan diperkuat sehingga mampu mengalahkan pesaing-pesaing yang lain. Anda dapat melakukan optimasi SEO on page terhadap keyword tertentu yang di targetkan. Kemudian optimasi SEO off page atau backlink untuk halaman homepage anda.
  4. Tingkatkan page view
    Salah satu faktor yang mempengaruhi besar kecilnya bounce rate adalah tinggi dan rendahnya page view pada blog. Jika pageview rendah maka otomatis bounce rate akan meningkat. Tingkatkan pageview website/blog untuk mendapatkan bounce rate yang rendah sehingga semakin bagus popularitas website/blog tersebut dimata search engine.
  5. Tingkatkan traffic
    Traffic yang dianggap penting oleh google adalah traffic organic, yaitu traffic yang berasal dari search engine. Maka tingkatkan traffic dari serach engine google, bukan traffic yang berasal dari referral maupun direct.

Gunakanlah 5 point diatas untuk mendapatkan google sitelink. Kelima point yang telah saya jabarkan diatas merupakan teknik yang sudah saya terapkan di situs ini dan Alhamdulillah hasilnya sangat baik sampai sekarang.

Author: 

Saya adalah pemilik Kaplik.Com, Tujuan saya menulis adalah untuk berbagi pengetahuan maupun pengalaman kepada semua pembaca. Buat yang ingin tanya-tanya bisa langsung Contact ke Google +1, atau bisa melalui facebook. Thanks...

2 Responses

Leave a Reply