Cara menambah Windows 8 Safe Mode ke Windows Boot Manager

 Tips Windows 8
Cara menambah Windows 8 Safe Mode ke Windows Boot Managerby Jonoon.Cara menambah Windows 8 Safe Mode ke Windows Boot ManagerSafe Mode adalah fasilitas bawaan Windows yang disediakan untuk melakukan troubleshooting atau diagnosis, sehingga memungkinkan pengguna untuk menemukan akar permasalahan yang terjadi pada komputer sistem. Dengan begitu akan lebih mudah untuk menerapkan perbaikan yang diperlukan, termasuk itu hardware maupun software. Lalu, bagaimana menambahkan Windows 8 Safe Mode ke Windows Boot Manager? Tidak seperti versi Windows […]

cara menambah Windows 8 safe mode boot

Safe Mode adalah fasilitas bawaan Windows yang disediakan untuk melakukan troubleshooting atau diagnosis, sehingga memungkinkan pengguna untuk menemukan akar permasalahan yang terjadi pada komputer sistem. Dengan begitu akan lebih mudah untuk menerapkan perbaikan yang diperlukan, termasuk itu hardware maupun software. Lalu, bagaimana menambahkan Windows 8 Safe Mode ke Windows Boot Manager?

Tidak seperti versi Windows sebelumnya, di mana pengguna dapat mengaktifkan/menonaktifkan Safe Mode dengan mudah. Windows 8 mengharuskan penggunanya untuk mengaktifkan pilihan Safe Mode di Boot Option secara manual melalui command prompt. Disini saya akan menunjukkan cara menambah Windows 8 Safe Mode ke Windows Boot Manager, agar mudah digunakan.

Cara menambah Windows 8 Safe Mode ke Windows Boot Manager

  1. Langkah pertama adalah menjalankan Command Prompt dengan mengklik Power User Tasks Menu dan memilih Command Prompt (Admin).
  2. Pada jendela Command Prompt, ketikkan bcdedit /enum /v dan tekan Enter, lihat hasilnya pada gambar dibawah ini.
    cek identifier number menggunakan bcdedit
  3. Lihatlah bagian Windows Boot Loader pada gambar di atas, ada identifier number, contoh: {672baf70-e2b4-11e0-8f18-f57b82248477}. Tiap-tiap komputer identifier number akan berbeda-beda, catat nomor tersebut karena akan di gunakan dalam perintah selanjutnya.
  4. Selanjutnya masih pada Command Prompt, ketikkan perintah berikut:
    bcdedit /copy {identifier number} /d "Windows 8 Safe Mode"Sebagai contoh: Saya akan mengetik perintahnya jadi seperti ini:
    bcdedit /copy {672baf70-e2b4-11e0-8f18-f57b82248477} /d "Windows 8 Safe Mode"
    aktifkan Windows 8 safe mode dengan bcdedit
  5. Kemudian buka Charm bar, dan klik pada Search charm atau Anda juga bisa menggunakan Windows + F untuk membuka Search charm melalui shortcut.
  6. Ketik msconfig di kotak Search Apps, maka akan muncul msconfig.exe di sebelah kiri. Klik msconfig.exe untuk membukanya.
    buka msconfig Windows 8
  7. Pilih tab Boot, pastikan kalau Windows 8 Anda ditetapkan sebagai default OS. Selanjutnya, pilih Windows 8 Safe Mode, beri centang pada kotak Safe boot – pilih Minimal > atur Timeout-nya 30 detik > dan beri tanda centang pada Make all boot settings permanent  > klik OK.
    atur boot system konfigurasi
  8. Klik Yes untuk mengkonfirmasi perubahan.
    menyetujui penerapan system konfigurasi baru
  9. Dan klik tombol Restart untuk menerapkan perubahannya.
    restart komputer anda
  10. Sebelum masuk ke Windows loading, tekan tombol F8 untuk masuk ke menu Advanced Boot Options.

Windows 8 Safe Mode sekarang sudah ditambahkan ke Windows Boot Manager Anda. Baca juga artikel mengenai cara mengoptimalkan tampilan Windows 8 interface, agar tampilan Windows 8 Anda lebih cantik dan menarik.

Author: 

Saya adalah pemilik Kaplik.Com, Tujuan saya menulis adalah untuk berbagi pengetahuan maupun pengalaman kepada semua pembaca. Buat yang ingin tanya-tanya bisa langsung Contact ke Google +1, atau bisa melalui facebook. Thanks...

No Responses

Leave a Reply