Cara Mempercepat Loading Blog dengan Teknik Compressi

 Tutorial blogspot, Tutorial wordpress
Cara Mempercepat Loading Blog dengan Teknik Compressiby Jonoon.Cara Mempercepat Loading Blog dengan Teknik CompressiCara mempercepat loading blog dengan teknik compress file adalah cara yang digunakan untuk mengurangi atau memperkecil ukuran file-file kode/script seperti CSS, php, HTML, javascript maupun file gambar. Kecepatan loading blog merupakan hal yang sangat penting, baik itu dari segi kenyamanan pengunjung maupun dari sisi SEO.  Waktu load atau loading yang terlalu lama akan membuat pengunjung […]

cara mempercepat loading blog dengan compressiCara mempercepat loading blog dengan teknik compress file adalah cara yang digunakan untuk mengurangi atau memperkecil ukuran file-file kode/script seperti CSS, php, HTML, javascript maupun file gambar.

Kecepatan loading blog merupakan hal yang sangat penting, baik itu dari segi kenyamanan pengunjung maupun dari sisi SEO.  Waktu load atau loading yang terlalu lama akan membuat pengunjung tidak sabar menunggu, sehingga mereka lari sebelum membaca keseluruhan isi halaman.

Cara mempercepat loading blog

Ada beberapa point penting yang dapat dilakukan untuk mempercepat loading blog saat di buka, salah satunya adalah menggunakan teknik compress file script atau gambar.

1. Compress CSS

CSS (Cascading Style Sheet) adalah bahasa styling yang digunakan untuk menampilkan warna, jenis tulisan, ukuran dan bentuk dari suatu halaman. Untuk mengurangi ukuran CSS yang digunakan pada template atau theme dapat dilakukan dengan kompressi secara manual maupun dengan tool. Salah satu tool yang dapat di gunakan adalah CSS Compressor.

Tool ini digunakan untuk mengkompressi CSS sehingga ukuran dari file CSS akan jauh lebih kecil dan membuat beban load halaman lebih cepat.

Selain terdapat juga tool yang bisa menghapus perintah-perintah CSS yang tidak valid menggunakan clean CSS.

2. Compress Javascript

Javascript memiliki waktu baca yang cenderung lebih lama, sehingga apabila di letakkan di bagian atas maka browser akan membaca terlebih dahulu javascript dan untuk pembacaan elemen yang lain akan menunggu hingga loading pembacaan javascript selesai. Akan lebih baik jika elemen-elemen yang mengandung javascript sebaiknya diletakkan di bagian bawah. Lakukan kompressi file javascript menggunakan tool Javascript Compress.

Banyaknya coment dan karakter spasi akan mempengaruhi ukuran dari file javascript tersebu. Besar kecil ukuran file akan sangat mempengaruhi kecepatan loading blog.

3. Compress PHP

Untuk pengguna wordpress file php sangat banyak di jumpai di dalam sebuah theme, file ini biasanya bisa lebih dari 5 file. Apabila ukuran dari file-file tersebut terlalu besar maka ini akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan loading blog. Maka gunakanlah kompressi file php menggunakan tool digital coding. Dengan tool tersebut file php akan dipadatkan sehingga dapat memperkecil ukuran.

4. Compress Image atau gambar

Gambar berfungsi untuk memperindah tampilan dan dapat menjadi symbol dari interpretasi isi artikel atau halaman. Namun besar kecilnya ukuran gambar sangat mempengaruhi kecepatan blog, sehingga diperlukan taktik dalam penggunaan gambar.

Jika penggunaan gambar memaksa untuk harus menyimpan file gambar tersebut di hosting sendiri, lakukanlah kompressi gambar terlebih dahulu sebelum menguploadnya menggunakan tool image optimizer. Namun apabila penggunaan gambar tidak mengharuskan untuk disimpan didalam hosting maka gunakanlah pihak ketiga sebagai tempat mengupload gambar, sperti photobucket.

5. Uji kecepatan atau test speed

Ujilah kecepatan blog anda menggunakan website optimization, apabila masih terlalu lambat maka lakukan optimasi kembali. Biasanya penggunaan gambar pada theme yang paling berpengaruh pada kecepatan loading blog. Maka kurangilah penggunaan gambar dan lakukan teknik CSS untuk mempercantik tampilan blog.

Selain cara diatas masih banyak lagi cara mempercepat loading blog, baik itu dengan custom CSS per post, kompressi http request, optimasi bandwidth, penggunaan cache dan banyak lainnya.

Author: 

Saya adalah pemilik Kaplik.Com, Tujuan saya menulis adalah untuk berbagi pengetahuan maupun pengalaman kepada semua pembaca. Buat yang ingin tanya-tanya bisa langsung Contact ke Google +1, atau bisa melalui facebook. Thanks...

23 Responses

Leave a Reply