Cara Mempercepat Kinerja Windows 7

 Tips Windows 7
Cara Mempercepat Kinerja Windows 7by Jonoon.Cara Mempercepat Kinerja Windows 7Cara mempercepat kinerja windows 7 sangat dibutuhkan untuk mendapatkan performa yang optimal dalam mengakses setiap aplikasi, program maupun directory baik itu di PC komputer maupun Laptop. Betapa pentingnya performa windows yang kita gunakan,namun terkadang hal ini diabaikan begitu saja. Minimnya pengetahuan tentang cara meningkatkat kinerja windows yang digunakan membuat seseorang malas untuk mengotak-atik komputer maupun laptop […]

cara mempercepat kinerja windows 7Cara mempercepat kinerja windows 7 sangat dibutuhkan untuk mendapatkan performa yang optimal dalam mengakses setiap aplikasi, program maupun directory baik itu di PC komputer maupun Laptop.

Betapa pentingnya performa windows yang kita gunakan,namun terkadang hal ini diabaikan begitu saja. Minimnya pengetahuan tentang cara meningkatkat kinerja windows yang digunakan membuat seseorang malas untuk mengotak-atik komputer maupun laptop miliknya. Sampai-sampai emosi meningkat melihat komputer maupun laptop yang aksesnya sangat lemot, apalagi ketika sedang membuka aplikasi yang besar ukuran filenya.

Setelah sebelumnya berbagi mengenai cara mempercantik tampilan windows 7 seperti android, kini saya ingin sharing ke temen-temen bagaimana cara mempercepat kinerja windows 7 baik itu di komputer PC maupun Laptop. Cara ini adalah rangkum berdasarkan pengalaman yang telah saya terapkan di windows 7 milik saya sendiri.

Cara mempercepat kinerja windows 7 di PC dan Laptop

1. Spesikasi Komputer atau Laptop

Hal paling utama yang harus diperhatikan adalah spesiikasi komputer maupun laptop yang digunakan. Windows 7 merupakan windows yang memiliki kecepatan dan interface yang lebih baik di bandingkan OS pendahulunya, sehingga untuk memenuhi kinerja yang optimal di perlukan spek minimum yaitu,
  • Processor 2 GHz DualCore
  • RAM/memory 1 GB
  • Hard disk 160 GB

2. Hapus Program yang tidak Penting

Hapuslah program yang anda rasa tidak penting dan sangat jarang bahkan tidak pernah anda gunakan, karena program tersebut hanya akan menambah kapasitas dan resource harddisk maupun RAM.

Lakukan uninstall dengan cara: Start > control panel > uninstall a program.

3. Defragment Hardisk

Defragment harddisk berfungsi untuk memfragmentasi harddisk atau memperbaiki harddisk. Fragmentasi harddisk terjadi ketika sering dilakukan install dan uninstall program, yang mana dapat menurunkan kinerja komputer maupun laptop.

Lakukan defragment harddisk dengan cara:
Start > all program > accessories > system tools > disk defragmenter, lakukan defragment kesemua lokasi direktori. Atau anda dapat menggunakan utility tools seperti tuneup utility.

4. Mengurangi Program pada Startup

Aplikasi yang ada pada saat startup akan secara otomatis bekerja ketika Komputer atau laptop dinyalakan. Banyaknya jumlah aplikasi yang di aktifkan pada startup akan memperlambat kinerja komputer atau laptop saat pertama kali dinyalakan. Contoh program yang harus di nonaktifkan pada startup : adobe reader, Microsoft office, dll. Dan ingat antivirus jangan di nonaktifkan ya.

Nonaktifkan program yang tidak diperlukan ketika startup dengan cara:
Start > run > ketik msconfig > starup > hilangkan centang pada aplikasi yang tidak diperlukan dan restart.

5. Periksa/scan Virus

Banyaknya virus didalam komputer atau laptop sangat berpengaruh terhadap kinerja windows, meskipun efek virus tersebut tidak menyerang file-file penting namun pasti ada file yang diserang oleh si virus meskipun dampaknya tidak terlihat. Biasanya virus menyerang dan memenuhi memory sehingga memperlambat kinerja komputer atau laptop.

Lakukanlah scanning menggunakan antivirus yang selalu di update secara berkala. Lakukanlah scanning minimal seminggu sekali.

6. Nonaktifkan System Index Search

Proses index terjadi setiap saat untuk pengguna windows 7 dan setiap index memakan jumlah memory.

Nonaktifkan system index search dengan cara:

Start > ketik services.msc pada search > enter > windows search > stop/disable.

7. Nonaktifkan Services yang tidak diperlukan

Menonaktifkan system service yang tidak diperlukan akan mempercepat prosess booting komputer atau laptop.

Menonaktifkan services dapat dilakukan dengan cara:
Start > ketik services pada search > klik kanan services yang ingin dinonaktifkan properties > disable/stop > restart.

8. Nonaktifkan Fitur Display

Windows 7 memiliki banyak fitur-fitur yang digunakan untuk mempercantik tampilan. Jika fitur ini di aktifkan maka akan memakan VGA dan memory, akibatknya akan memperlambat komputer atau laptop.

Menonaktifkan fitur display dengan cara:
Menonaktifkan aero themes: Klik kanan di desktop > personalize > pilih Windows 7 basic

Menonaktifkan aero peek: Klik kanan di taskbar > properties > hilangkan tanda centang pada use aero peek to preview desktop.

Menonaktifkan aero shake: Start > ketik gpedit.msc > user configuration > administrative template > desktop > pada jendela sebelah kanan double klik turn off aero shake windows minimizing mouse gesture pilih enable.

Menonaktifkan aero snap: Control panel > ease of acces > ease of acces center > make the mouse easier to use > beri centang pada prevent windows from being automatically arranged when to the edge of the screen.

9. Percepat Proses Shutdown

Mempercepat sytem shutdown dapat dilakukan dengan cara:
Start > ketik reggedit pada search > arahkan ke HKEY-LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CurrentControlSet > Control > klik kanan WaitToKillServiceTimeOut > Modify > ubah nilai defaultnya menjadi lebih kecil > OK.

10. Aktifkan Core Booting

Dengan mengaktifkan semua core akan mempercepat proses booting pada komputer atau laptop.

Untuk mengaktifkannya dapat dilakukan dengan cara:
Start > ketik msconfig pada search > tab boot > system operasi Windows 7 > pilih advance option dan beri centang pada number of processor dan pilih jumlah processor yang tersedia.

Demikian tips dan cara mempercepat kinerja windows 7 di komputer dan laptop, baca juga artikel mengenai cara mengganti IP address dan DNS di windows 7 untuk meningkatkan performa kecepatan akses internet anda yang lemot.

Author: 

Saya adalah pemilik Kaplik.Com, Tujuan saya menulis adalah untuk berbagi pengetahuan maupun pengalaman kepada semua pembaca. Buat yang ingin tanya-tanya bisa langsung Contact ke Google +1, atau bisa melalui facebook. Thanks...

13 Responses

  1. zackmorris18/08/2012 at 17:06Reply

    gooooooooooood bro, ente punya ilmu bermanfaat sekali..

  2. Zhen20/08/2012 at 20:28Reply

    gan tuh carany aman gk buat di coba soalnya ane pake laptop adik buat dijadiin tikus percobaan.

    aman-aman aja kok gan, itukan cuma menurunkan/menonaktifkan fasilitas yg memberatkan windows. nanti kalaupun sudah bosan bisa dikembalikan seperti awal lagi.
  3. usaharumahan05/10/2012 at 13:48Reply

    Mnatappp… trimakasih gan untuk infonya…

Leave a Reply