Cara Mempercepat Booting Windows 7

 Tips Windows 7

cara mempercepat booting windows 7Cara mempercepat booting windows 7 sangat mudah. Sebenarnya kecepatan booting itu sangat dipengaruhi oleh jumlah processor dan kapasitas RAM. Semakin tinggi jumlah processor dan kapasitas RAM maka booting akan semakin cepat.

Untuk kecepatan booting dapat dimaksimalkan dengan mengubah pengaturan pada Boot option. Di Boot option itu terdapat Number of processor dan Maximum memory, nah pada kedua bagian ini lah yang harus diubah pengaturannya. Intinya sih dibagian itu, akan tetapi untuk lebih memaksimalkannya lagi ada bebrapa pengaturan lain yang harus diubah. Simak aja terus tips komputer yang akan saya jelaskan disni.

Cara mempercepat booting windows 7

Bagi yang merasa komputer/laptopnya lemot ketika booting, saya memiliki beberapa tips untuk mempercepat booting di windows 7. Ikuti saja step-step berikut ini.

  1. Buka RUN dan tuliskan msconfig -> enter
  2. Maka anda akan masuk ke jendela System configuration. Pilih Tab pada bagian Boot -> Advance options…
    mempercepat booting windows 7
  3. Seperti yang saya katakana sebelumnya, di boot advance option terdapat 2 bagian utama, yaitu Number of processor dan Maximum memory. Beri tanda centang/ceklist pada kedua bagian itu.
    boot options Kemudian untuk Number of processor anda setting menggunakan jumlah yang paling banyak, sedangkan untuk maximum memory dapat diisi dengan jumlah RAM yang anda gunakan. Contoh RAM 2 GB = 2048. Fungsi RAM disini sebagai jumlah memory yang dialokasikan pada saat startup windows, jika anda ragu untuk menggunakan keseluruhan jumlah RAM, maka gunakan setengahnya saja.
  4. Setelah itu tekan OK.
  5. Masih pada jendela system configuration, selanjutnya pilih TAB pada bagian Startup.
    Pada bagian ini terdapat sejumlah aplikasi yang langsung aktif ketika komputer sedang booting, nah lebih baik jika aplikasi yang penting-penting saja yang anda aktifkan pada saat startup. Contohnya seperti gambar ini,
    system configuration startup Untuk adobe reader, office dll sya rasa tidak perlu diaktifkan saat startup, kecuali antivirus dan graphic itu sangat penting.
  6. OK dua itu saja dulu, langsung restart komputer anda dan lihat hasilnya seperti apa, bandingkan dengan yang sebelumnya.

Setelah itu anda dapat mempercepat kinerja windows 7 dengan tips dan trik komputer yang telah saya bahas pada bagian sebelumnya.

Jika dengan cara mempercepat booting windows 7 diatas masih belum juga merubah keadaan komputer/laptop anda saat booting, mungkin processor dan RAM yang anda gunakan masih terlalu kecil jumlahnya, anda dapat mencoba processor Intel yang terbaru seperti iCore 5 atau iCore 7 dengan kapasitas RAM yang lebih tinggi.

Author: 

Saya adalah pemilik Kaplik.Com, Tujuan saya menulis adalah untuk berbagi pengetahuan maupun pengalaman kepada semua pembaca. Buat yang ingin tanya-tanya bisa langsung Contact ke Google +1, atau bisa melalui facebook. Thanks...

One Response

  1. Nanang11/11/2012 at 21:42Reply

    sudah terapkan pada laptop saya, apakah trik diatas bisa diterapkan juga di windows 8?

Leave a Reply