Cara Mempartisi Harddisk di Windows 7

 Tips Windows 7

cara mempartisi harddiskCara mempartisi harddisk di windows 7 dapat dilakukan tanpa harus menggunakan software bantuan, karena di Windows 7 sudah tersedia built-in aplikasi yang bisa digunakan untuk mempartisi hardisk Drive. Fungsinya sama seperti tool partition magic atau aplikasi lainnya.

Setelah sebelumnya telah dibahas cara menambah virtual memory di windows 7, maka pada tips dan trik komputer kali ini saya akan membahas mengenai cara mempartisi hardisk. Partisi harddisk merupakan tindakan untuk memetakan ruang harddisk agar mudah dalam penggunaannya. Bila diumpamakan seperti rumah, sebuah rumah itu harus ditentukan mana kamar, mana ruang tamu, mana dapur dan lain-lain, begitu juga dengan harddisk, alangkah baiknya dibagi dan diberi nama volumenya sesuai dengan kebutuhan sehingga mudah diidentifikasi.

Cara mempartisi harddisk di windows 7

Sebagai bahan praktek anda bisa menggunakan cara berikut ini untuk harddisk internal maupun harddisk external.

  1. Pertama-tama backup data pada Drive yang ingin dipartisi ke harddisk lainnya (harddisk external), untuk berjaga-jaga siapa tau terjadi kesalahan fatal yang dapat mengakibatkan anda kehilangan dokumen-dokumen penting. Tapi sejauh ini, apabila anda mengikuti langkah-langkah berikut dengan benar data yang berada di Drive yang akan dipartisi aman-aman saja meskipun tanpa di backup.
  2. Untuk memulai klik Start > klik kanan Computer > Manage
    manage computer
  3. Di bagian sebelah kiri pilih Storage > Disk management
    disk management
  4. Selanjurnya pilih Drive yang akan di dipartisi (diubah volumenya), jika ingin mempartisi harddisk internal maka pilih Disk0, sedangkan jika yang akan dipartisi adalah harddisk external pilih Disk2.
  5. Sebagai contoh kita asumsikan Drive yang ingin dipartisi adalah Drive E pada harddisk internal, maka klik kanan Drive E pada Disk0 > Shrink Volume.
    shrink volume
  6. Pada jendela dialog dari volume partisi, tentukan besar kapasitas Drive yang akan dipartisi. Sebagai contoh Drive E memiliki kapasitas 22GB, kemudian akan dipartisi/dibagi menjadi 2 Drive, yaitu Drive E 10GB dan Drive F 12GB. Cara menentukan kapasitasnya perhatikan gambar berikut ini.
    shrink volume size Maka hasil setelah dipartisi Drive E akan menjadi  10GB dan 12GB sisanya belum teralokasi (unallocated).
    hasil partisi
  7. Untuk menjadikan sisa yang belum teralokasi (unallocated) menjadi Drive F maka klik kanan Unllocated > New simple volume > next, lalu tentukan  kapasitasnya, jika kapasitas sudah sesuai langsung klik next saja, selanjutnya isi nama Drive sesuai dengan nama yang diinginkan kemudian klik next dan finish.
    new simple volume Jika berhasil maka hasilnya akan seperti gambar berikut ini.
    partisi selesai

Cara mempartisi harddisk di windows 7 dapat terselesaikan dengan mudah tanpa menggunakan software bantuan. Nantikan tips dan trik windows 7 lainnya. Akhir kata sekian dari saya, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Author: 

Saya adalah pemilik Kaplik.Com, Tujuan saya menulis adalah untuk berbagi pengetahuan maupun pengalaman kepada semua pembaca. Buat yang ingin tanya-tanya bisa langsung Contact ke Google +1, atau bisa melalui facebook. Thanks...

2 Responses

  1. achmad03/10/2012 at 22:58Reply

    Sipp.berhasil gan. thx. :)

  2. Yunytha (@VheynYunytha)24/01/2013 at 22:10Reply

    (y) siiippp berhasilll bosh,,thamks ya,, ilmunyaa :)

Leave a Reply