Cara Membuat Subdomain di cPanel

 Tutorial wordpress

cara membuat subdomain di cpanelSubdomain adalah bagian dari domain utama, atau bisa disebut anak dari domain utama. Cara membuat subdomain dilakukan melalui cPanel. Anda bisa membuat beberapa jumlah subdomain, tergantung fasilitas dari hosting yang anda gunakan.

Satu subdomain bisa berdiri sendiri sehingga seolah-olah terpisah dari domain utama. Subdomain ditandai dengan pemisah dot (titik) didepan domaian utama, contoh saya mau membuat subdomain di kaplik.com dengan nama “belajar”, maka alamat URL subdomain tersebut menjadi seperti ini belajar.kaplik.com.

Cara membuat subdomain melalui cPanel

Bagi anda pengguna cPanel, berikut merupakan cara membuat subdomain di cPanel.

  1. Silahkan anda login ke cPanel terlebih dahulu.
  2. Kemudian cari icon subdomain di bagian menu domains.
    cara membuat subdomain
  3. Isi nama domain yang ingin anda gunakan di form yang disediakan.  Untuk Document Root akan terisi secara otomatis, biarkan saja seperti itu. Jika nama subdomain sudah benar, langsung klik next.
    membuat subdomain
  4. Apabila tidak ada kesalahan, maka akan ada keterangan bahwa subdomain telah selesai dibuat.

Setelah subdomain dibuat, sekarang adalah saatnya menginstall CMS ke subdomain tersebut. Anda bisa memilih CMS apa yang ingin digunakan, kalau saya lebih senang menggunakan CMS WordPress, karena sudah familiar.

Selain itu anda juga bisa memanfaatkan subdomain sebagai CDN (Content Delivery Network). Fungsi dari CDN bisa adalah untuk memaksimalkan kapasitas bandwith untuk meningkatkan kecepatan akses data client ke server.

Bagaimana menurut anda? Sangat gampangkan cara membuat subdomain. Sebenarnya sih gampang itu relative, tergantung orangnya. Jika dia sudah sering melakukan hal tersebut pasti dia bisa mengatakan gampang, tapi bagaimana jika anda belum pernah melakukannya sama sekali.

Author: 

Saya adalah pemilik Kaplik.Com, Tujuan saya menulis adalah untuk berbagi pengetahuan maupun pengalaman kepada semua pembaca. Buat yang ingin tanya-tanya bisa langsung Contact ke Google +1, atau bisa melalui facebook. Thanks...

2 Responses

Leave a Reply