Cara Membuat Popular Post di WordPress Tanpa Plugin

 Tutorial wordpress
Cara Membuat Popular Post di WordPress Tanpa Pluginby Jonoon.Cara Membuat Popular Post di WordPress Tanpa PluginMembuat popular post juga merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan page view sebuah halaman dalam blog. Tujuannya agar halaman tersebut memperoleh nilai bounce rate yang rendah, sehingga posisi halaman baik di mata SERP. Popular post merupakan kumpulan postingan yang ditampilkan berdasarkan tingkat/jumlah pengunjung ke halaman tersebut, dengan kata lain semakin banyak pengunjung […]

cara membuat popular post di wordpress tanpa pluginMembuat popular post juga merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan page view sebuah halaman dalam blog. Tujuannya agar halaman tersebut memperoleh nilai bounce rate yang rendah, sehingga posisi halaman baik di mata SERP.

Popular post merupakan kumpulan postingan yang ditampilkan berdasarkan tingkat/jumlah pengunjung ke halaman tersebut, dengan kata lain semakin banyak pengunjung terhadap sebuah halaman maka akan dinilai semakin popular.

Setelah sebelumnya telah diberikan cara membuat recent post dan random post dengan thumbnail, maka kali ini saya akan menjelaskan cara membuat popular post di wordpress tanpa menggunakan plugin. Sebelum menemukan cara ini, saya sudah menampilkan popular post di blog ini, akan tetapi masih menggunakan plugin, yaitu wp popular post plugin. Setelah memperhatikan kinerjanya beberapa hari kok blog ini semakin lambat saja loadnya, maka diputuskan untuk menampilkan popular post tanpa plugin. Cara ini cukup optimal dan tidak terlalu memberatkan load pada blog, recommended lah.

Cara membuat popular post di wordpress tanpa plugin

Sebenarnya ada beberapa jenis popular post, ada yang dinilai berdasarkan AVG time dan juga ada yang dinilai berdasarkan jumlah pengunjung. Untuk kali ini yang akan dibahas adalah popular post berdasarkan jumlah pengunjung.

  1. Buka function.phpdan tambahkan kode di bawah ini
    //popular post kaplik.com
    function getPostViews($postID){
    $count_key = 'post_views_count';
    $count = get_post_meta($postID, $count_key, true);
    if($count==''){
    delete_post_meta($postID, $count_key);
    add_post_meta($postID, $count_key, '0');
    return "0 View";}
    return $count.' Views';
    }
    function setPostViews($postID) {
    $count_key = 'post_views_count';
    $count = get_post_meta($postID, $count_key, true);
    if($count==''){
    $count = 0;
    delete_post_meta($postID, $count_key);
    add_post_meta($postID, $count_key, '0');
    }else{
    $count++;
    update_post_meta($postID, $count_key, $count);}
    }
  2. Buka single.php, tambahkan juga kode ini dibawah kode <?php the_content(); ?>
    <?php setPostViews(get_the_ID()); ?>
  3. Kemudian dilanjutkan dengan menambahkan kode untuk menampilkan popular post-nya, kode ini dapat diletakkan dibagian/posisi yang ingin di tampilkan, contohnya sidebar.php
    <?php
    query_posts('meta_key=post_views_count&orderby=meta_value_num&order=DESC');
    if (have_posts()) : while (have_posts()) : the_post(); ?>
    <li><a href="<?php the_permalink(); ?>"><?php the_title(); ?></a></li>
    <?php
    endwhile; endif;
    wp_reset_query();
    ?>
  4. Tunggu beberapa saat, proses akan mulai menghitung halaman yang telah diakses.

Agar popular post memiliki tampilan yang lebih menarik dan memancing pengunjung untuk mengklik, anda dapat menambahkannya dengan thumbnail. Untuk masalah ini, saya rasa anda sudah bisa mengkombinasikan cara ini dengan cara membuat post thumbnail di wordpress.

Selain membuat popular post di wordpress, tunggu juga ulasan mengenai trik-trik lain yang dapat meningkatkan page view halaman pada blog anda.

Author: 

Saya adalah pemilik Kaplik.Com, Tujuan saya menulis adalah untuk berbagi pengetahuan maupun pengalaman kepada semua pembaca. Buat yang ingin tanya-tanya bisa langsung Contact ke Google +1, atau bisa melalui facebook. Thanks...

10 Responses

Leave a Reply