Cara Membuat Jaringan Peer to Peer di Windows 7

 Tips Windows 7

membuat jaringan peer to peerCara membuat jaringan peer to peer dapat dilakukan menggunakan windows 7, yaitu dengan menghubungkan minimal 2 buah komputer/laptop. Koneksi peer to peer dapat dimanfaatkan untuk  sharing data maupun sharing koneksi internet.

Sebenarnya pengertian jaringan Peer to Peer (PC to PC) adalah jaringan komputer yang dapat menghubungkan beberapa  komputer, diantara beberapa komputer tersebut bisa menjadi server maupun client, jadi tidak ada perbedaan antara client dan server.

Setelah sebelumnya telah membahas mengenai cara mengkonfigurasikan laptop menjadi hotspot menggunakan WIFI untuk sharing pemakaian internet, untuk bahasan kali ini sebenarnya hampir berhubungan, yaitu:

Cara membuat jaringan peer to peer

Jaringan peer to peer dapat dilakukan terhadap komputer yang berbeda OS, contohnya antara window 7 dan windows XP. Antara keduanya ini bisa dilakukan koneksi peer to peer. Tapi disini saya hanya akan memberikan contoh jaringan peer to peer untuk 2 buah komputer yang menggunakan windows 7.

Sebelum melakukan konfigurasi pada dua komputer tersebut, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan.

  • Jika anda menggunakan komputer PC, hubungkan kedua komputer menggunakan kabel UTP yang sudah dikonfigurasi menjadi susunan cross ke port LAN card pada komputer1 dan komputer2.
  • Jika anda menggunakan laptop, anda dapat menggunakan WIFI sebagai penghubung.
Konfigurasi Komputer1 Komputer2
IP address 192.168.10.100 192.168.10.110
Subnet mask 255.255.255.0 255.255.255.0
Komputer name HENDRO-LAPTOP JONO-LAPTOP
Workgroup WORKGROUP WORKGROUP

Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini,

  1. Untuk komputer1 dan komputer2, buka Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center > Change adapter settings.
  2. Klik kanan pada Local Area Connection > properties.
    connection properties
  3. Pilih dan double klik pada Internet Protokol Version 4 (TCP/IPv4).
    ip properties
  4. Kemudian konfigurasikan IP address dan Subnet mask untuk kedua komputer tersebut. Contohnya anda bisa melihat gambar ini.
    setting ip p2p
  5. Kemudian Turn off Windows Firewall, agar koneksi dapat dipantau menggunakan cmd.
    Caranya dengan membuka, Control Panel > System and Scurity > Windows Firewall > Turn Windows Firewall on or off.
    turn off windows firewall
  6. Agar kedua komputer bisa saling terhubung, workgroup dari kedua komputer harus sama.
    Mengubahnya yaitu dengan cara, Start > Computer > properties > Advanced system settings. Kemudian pilih tab Computer Name > Change. Gunakan nama yang sama antara komputer1 dan komputer2.
    setting nama workgroup p2p
  7. Untuk mengetahui kedua komputer tersebut sudah terhubung, kita dapat memeriksanya dengan melakukan PING melalui cmd (command prompt). Caranya buka start > pilih run > ketikkan cmd >enter.
    cmd ping p2p
  8. Lakukan PING ke IP tujuan, sebagai contoh printah untuk komputer1,
    ping ip komputer1 Sebagai contoh perintah untuk komputer2,
    ping ip komputer2 p2p Jika ketika melakukan PING (ip tujuan) tersebut mendapat balasan Reply From ………. dst. Maka koneksi kita dikatakan Sukses. Namun ketika kita melakukan PING mendapat balasan Request Time Out maka koneksi kita dikatakan gagal (coba restart kedua komputer terlebih dahulu), lakukan PING kembali.

Ternyata panjang juga bahasan kali ini mengenai cara membuat jaringan peer to peer di Windows 7. Mengenai cara melakukan transfer data menggunakan koneksi peer to peer akan saya bahas di postingan selanjutnya.

Author: 

Saya adalah pemilik Kaplik.Com, Tujuan saya menulis adalah untuk berbagi pengetahuan maupun pengalaman kepada semua pembaca. Buat yang ingin tanya-tanya bisa langsung Contact ke Google +1, atau bisa melalui facebook. Thanks...

One Response

  1. Cara Cepat hamil16/11/2012 at 19:24Reply

    terima kasih atas artikelnya yg sangat membantu gan

Leave a Reply