Cara Membuat Halaman Dalam Postingan (pagination)

 Tutorial wordpress
Cara Membuat Halaman Dalam Postingan (pagination)by Jonoon.Cara Membuat Halaman Dalam Postingan (pagination)Membuat halaman dalam postingan (pagination) dibutuhkan ketika sebuah artikel yang di post terlalu panjang. Tujuannya agar postingan tidak memakan banyak space pada halaman single, dan tampilan blog akan terlihat lebih rapi. Terkadang penggunaan gambar yang terlalu banyak juga sangat memakan jumlah space pada halaman. Jika sudah seperti itu pasti tampilan akan terlihat berantakan dan tidak […]

cara membuat halaman dalam postingan paginationMembuat halaman dalam postingan (pagination) dibutuhkan ketika sebuah artikel yang di post terlalu panjang. Tujuannya agar postingan tidak memakan banyak space pada halaman single, dan tampilan blog akan terlihat lebih rapi.

Terkadang penggunaan gambar yang terlalu banyak juga sangat memakan jumlah space pada halaman. Jika sudah seperti itu pasti tampilan akan terlihat berantakan dan tidak menarik. Oleh karena itu digunakanlah page break atau pagination halaman atau membagi postingan ke dalam beberapa halaman.

Disisi lain ternyata membuat halaman dalam postingan (pagination) juga akan meningkatkan jumlah page view halaman tersebut, karena ketika pengunjung ingin membaca artikel tersebut sampai selesai dia harus membuka halaman selanjutnya. Dan tidak dapat dipungkiri bahwa halaman yang memiliki page view tinggi adalah halaman yang disukai oleh google.

Cara membuat halaman dalam postingan (pagination)

  1. Sebelumnya anda harus memastikan terlebih dahulu apakah theme yang digunakan sudah support untuk membuat halaman pada postingan. Caranya dengan mengecek apakah kode berikut ini sudah ada pada single.php.
    <div><?php wp_link_pages('Pages : ', '', 'number'); ?>

    Jika belum support, maka tambahkanlah kode diatas ke dalam single.php, tepatnya setelah kode/script <?php the_content(); ?>

  2. Tambahkan kode berikut pada bagian artikel yang ingin di splite atau dipotong.
    <!--nextpage-->

    Cara menambahkannya yaitu pada mode HTML editor bukan mode visual.

  3. Untuk mempercantik tampilan nomor halaman yang telah dibuat, anda dapat menambahkan kode CSS berikut ini ke dalam file CSSyang digunakan pada theme anda, atau bisa juga menggunakan teknik Custom CSS per post.
    .wp_page_numbers {font-weight:bold;
      margin-top:10px} 
    .wp_page_numbers a {background:#dbe7f0;
      padding:3px 5px 3px;
      margin-left:3px;
      margin-right:3px;
      color:#333;
      border:1px solid #949191;
      border-radius:6px 0 6px;
      -moz-border-radius:6px 0 6px;
      -webkit-border-radius:6px 0 6px;
      box-shadow:2px 2px 2px #b3b3b7;
      -moz-box-shadow:2px 2px 2px #b3b3b7;
      -webkit-box-shadow:2px 2px 2px #b3b3b7; } 
    .wp_page_numbers a:hover {text-decoration:none;
      border:2px solid #002cba;
      background:#97a3c7;
      -webkit-transition:margin-left 1s ease,background-color 1s ease;
      -moz-transition:margin-left 1s ease,background-color 1s ease;
      -o-transition:margin-left 1s ease,background-color 1s ease;
      transition:margin-left 1s ease,background-color 1s ease; }
  4. Kemudian ubah sedikit robots.txt yang digunakan pada blog anda, tujuannya agar halaman tidak terdeteksi duplikat konten oleh Google Webmaster (karena memiliki url yang sama). Caranya yaitu dengan menambahkan script berikut pada robots.txt yang ada di directory.
    User-agent: Googlebot
    Disallow: /*/2$
    Disallow: /*/3$
    Disallow: /*/4$
    Disallow: /*/5$
    Disallow: /*/6$
    Disallow: /*/7$
    Disallow: /*/8$
    Disallow: /*/9$
    Disallow: /*/10$

    Angka 1-10 diatas, diasumsikan jika ada 10 halaman (pagination) dalam satu postingan. Jika maksimal halaman yang telah anda buat hanya 3 halaman, boleh anda hapus 4-10. Akan tetapi jika halaman (pagination) lebih dari sepuluh, anda tinggal menambahkan Disallow: /*/11$ dan seterusnya.

Jika penasaran ingin melihat bagaimana bentuk dan tampilan halaman yang akan dibuat, anda bisa membuka halaman di blog saya yang berjudul: Jadwal Liga Inggris 2012-2013.

Tidak hanya isi postingan yang penting, akan tetapi tampilan dan kerapian juga tidak kalah pentingnya. Dengan membuat halaman dalam postingan (pagination) akan membantu mendukung terciptanya keindahan dan kerapian dalam blog anda.

Author: 

Saya adalah pemilik Kaplik.Com, Tujuan saya menulis adalah untuk berbagi pengetahuan maupun pengalaman kepada semua pembaca. Buat yang ingin tanya-tanya bisa langsung Contact ke Google +1, atau bisa melalui facebook. Thanks...

4 Responses

Leave a Reply