Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk

 Tips install windows

cara instal windowsJika Anda berpikir untuk instal Windows 7 menggunakan CD/DVD itu rumit, bagaimana dengan cara Install Windows 7 dengan flashdisk, mungkin ini bisa menjadi solusi terbaik. Metode ini sangat sederhana bila dibandingkan dengan menggunakan CD/DVD-ROOM.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum menginstal Windows 7 dengan flashdisk, Anda harus mengkonvert terlebih dahulu sistem operasi Windows 7 ke file ISO (untuk kasus ini Anda dapat menggunakan software Ultra ISO). Kemudian atur bootable agar first boot mengarah ke USB Flash drive. Selanjutnya buat boot masuk kedalam flashdisk, Anda dapat menggunakan software Windows 7 USB/DVD Tool. Software ini mampu membuat file ISO dari Windows 7 untuk dapat boot dari flashdisk. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara install Windows 7 dengan flashdisk

  1. Pastikan Anda sudah memiliki file Windows 7 dalam bentuk ISO. Kemudian tancapkan flashdisk kosong (setidaknya 4GB) ke port USB komputer Anda.
  2. Jalankan Windows 7 USB/DVD Tool. Jika Anda belum memilikinya, silakan kunjungi URL berikut untuk mendapatkannya.
    http://www.microsoftstore.com/store/msstore/html/pbPage.Help_Win7_usbdvd_dwnTool
  3. Setelah Windows 7 USB/DVD Tool terbuka, silahkan klik browse dan pilih file ISO dari Windows 7 Anda, jika file yang Anda pilih sudah benar klik “Next”.
    cara install windows 7 dengan flashdisk
  4. Pada langkah selanjutnya klik “USB Device” karena kita akan menempatkan Windows 7 ke dalam flashdisk.
    cara instal windows 7 dengan flashdisk
  5. Pilih lokasi flashdisk Anda untuk menempatkan file ISO tersebut. Jika Anda diminta untuk memformat flashdisk terlebih dahulu, silakan lakukan format. Kemudian klik “Begin Copying” dan tunggu sampai proses selesai.
    cara instal windows 7 menggunakan flashdisk
  6. Bagian pertama selesai, selanjutnya adalah mengatur boot prioritas dari komputer Anda agar first boot dari USB flash drive. Silakan baca penjelasan saya tentang bagaimana cara mengatur boot prioritas ke USB flash drive.
  7. Jika boot prioritas sudah diatur dengan benar, langkah selanjutnya adalah proses instalasi Windows 7 ke komputer Anda. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat membaca penjelasan saya tentang cara menginstal Windows 7.
  8. Jika Anda sudah melakukan semuanya dengan benar maka instalasi selesai dengan sempurna.

Anda bisa menggunakan cara install Windows 7 dengan flashdisk sebagai alternative dari installasi menggunakan CD/DVD-ROOM. Karena saat ini banyak notebook/laptop yang beredar tanpa menggunakan ROOM bawaan dari pabrikannya. Jadi metode ini sangat cocok untuk notebook yang tidak memiliki CD/DVD-ROOM.

Author: 

Saya adalah pemilik Kaplik.Com, Tujuan saya menulis adalah untuk berbagi pengetahuan maupun pengalaman kepada semua pembaca. Buat yang ingin tanya-tanya bisa langsung Contact ke Google +1, atau bisa melalui facebook. Thanks...

One Response

  1. Vendhy16/11/2013 at 11:47Reply

    Laptop saya tidak bisa masuk ke windows
    setiap kali laptop saya nyalakan hanya ada tulisan BOOMGR is missing
    gimana caranya agar bisa instal ulang windows baru
    trima kasih

Leave a Reply