Bagaimana Cara Membuat Website Sendiri dengan WordPress

 Tutorial wordpress

cara membuat website sendiriKebetulan kemarin ada yg kirim email tanya-tanya tentang domain dan hosting. Maka saya simpulkan saja dalam sebuah artikel cara membuat website sendiri dengan CMS WordPress. Mungkin ini bisa menjadi panduan buat anda yang lain juga, yang baru mengenal dunia blogging.

Jadi teringat ketika satu tahun yang lalu, pertamakalinya membuat website dengan hosting dan domain sendiri. Pada saat itu belum tahu apa-apa tentang domain, hosting dan cara menginstall-nya. Berbekal pengalaman, sekarang saatnya berbagi mengenai bagaimana cara membuat website dengan CMS WordPress.

 

memilih nama domain

Memilih nama domain

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk membuat website sendiri adalah memperoleh nama domain. Domain adalah sebuah nama yang akan digunakan untuk website yang yang akan dibuat. Untuk memperoleh nama domain, kamu harus membayar biaya sewa tahunan sebagai hak penggunaan nama tersebut.

Bagi anda yang ingin membeli domain, sangat disarankan agar membeli domain langsung kepada pihak registrar, jangan kepada pihak hosting. Apabila anda membeli domain melalui pihak hosting, bayangkan jika suatu saat perusahaan hosting tempat kamu membeli domain menyatakan dirinya bangkrut. Maka akan sangat sulit untuk mendapatkan kembali akses domain atau kode transfer.

Gunakan beberapa registrar domain yang saya sarankan ini: name.com, GoDaddy.com dan NameCheap.com.

 

memilih web hosting servers

Memilih Web hosting

Setelah anda memiliki domain, kemudian anda harus memiliki hosting untuk domain tersebut. Hosting ibarat sebuah rumah, sebuah web hosting pada dasarnya adalah sebuah perusahaan yang memiliki beberapa komputer yang selalu terhubung ke internet. Dikomputer tersebutlah seluruh database domain anda akan disimpan.

Untuk mendapatkan hosting ada dua cara yaitu dengan hosting berbayar dan hosting gratis. Tidak saya sarankan menggunakan hosting gratis, karena sangat tidak nyaman, sering sekali mengalami suspend, atau down. Lebih baik anda memilih hosting yang berbayar, banyak pihak hosting yang bisa jadi pilihan dan menyediakan beragam harga sewa mulai dari perbulan, pertiga bulan, enam bulan dan satu tahun. Pilihlah hosting sesuai kebutuhanmu, sebelum menyewanya bacalah terlebih dahulu mengenai tips memilih shared hosting terbaik.

 

cara membuat website dengan wordpress

Addon Domain dan Install Website dengan CMS

Setelah anda membayar untuk sewa hosting, maka anda akan diberikan sebuah username dan password untuk akses ke cPanel. cPanel merupakan aplikasi khusus yang di desain untuk mengelola hosting yang kita sewa. Melalui cPanel inilah anda mendaftarkan domain tersebut agar dapat menempati hosting yang telah anda sewa, caranya adalah dengan addon domain melaui cPanel.

Setelah mendaftarkan domain tersebut, kini saatnya anda menginstall domain tersebut menjadi sebuah website yang berbasiskan CMS. CMS adalah Content Menagement System sebuah pemrograman computer yang memperbolehkan anda untuk mengisi dan memanipulasi content maupun interface dari sebuah website. Ada banyak jenis CMS yang tersedia, ada juga master permrograman yang membangun sebuah website dengan CMS butannya sendiri. Namun disini kita akan membahas mengenai cara menginstall website menggunakan CMS WordPress, silahkan dibaca artikel yang sudah saya tulis sebelumnya.

Saya rasa ini sudah keseluruhan inti dari cara membuat website sendiri dengan CMS WordPress. Jika masih ada yang kurang paham atau masih ragu-ragu silahkan didiskusikan saja di kolom komentar. Oke, sekian dulu ya sob, sampai ketemu di artikel selanjutnya.

Author: 

Saya adalah pemilik Kaplik.Com, Tujuan saya menulis adalah untuk berbagi pengetahuan maupun pengalaman kepada semua pembaca. Buat yang ingin tanya-tanya bisa langsung Contact ke Google +1, atau bisa melalui facebook. Thanks...

No Responses

Leave a Reply