4 Tips Mengamankan Data di Blackberry

 Blackberry, Gadget

tips mengamankan data blackberryAnda pengguna Blackberry sudah pasti menyimpan informasi berharga atau data penting di Blackberry, seperti email, contact, pesan hingga file-file penting lainnya. Untuk itu mengamankan data di Blackberry tentu menjadi sangat penting.

Banyak file pribadi yang ada di ponsel dan orang lain belum tentu boleh mengakses, membuka atau melihatnya, demi menjaga privacy dan mencegah kehilangan data dari ulah orang-orang yang meminjam tanpa tanggung jawab. Banyak cara sederhana yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan keamanan data di Blackberry anda.

4 Tips mengamankan data di Blackberry

1. Gunakan password

Hal ini penting guna menghindari orang lain mengakses data yang ada di Blackberry tanpa seizing anda. Untuk memasang password pada Blackberry dapat anda lakukan dengan cara,
buka Option > Security > Password > beri tanda centang pada enable.
password blackberry Klik set password, masukkan kata kunci sesuai keinginan anda, dan ulangi penulisan kata kunci pada kolom Verify Password. Secara default anda diberi kesempatan untuk melakukan kesalahan memasukkan password hingga 9 kali, selanjutnya Blackberry otomatis akan terkunci selama 30 menit tanpa digunakan. Anda dapat mengubah peraturan tersebutsesuai dengan keinginan anda. Untuk jumlah maksimal kesalahan dapat anda ubah pada Numbers of Password Attemps, sedangkan untuk lamanya waktu penguncian otomatis setelah memenuhi maksimal kesalahan dapat anda ubah pada Lock After.

2. Aktifkan enkripsi pada kontak dan media file

Pencurian kontak sangat sering terjadi, begitu juga dengan media file rahasia anda yang tidak ingin diketahui atau diakses orang lain. Maka untuk itu perlu dilakukan enkripsi kontak dan media file. Caranya yaitu dengan,
buka Options > Security > Encryption > centang bagian Encrypt, centang juga bagian kontak dan media file. Tekan tombol back dan klik save.
encrypt file blackberry

3. Backup data Blackberry ke komputer

Membackup data Blackberry ke komputer secara rutin sangatlah penting, guna untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan yang mengharuskan anda untuk menginstal ulang kembali Blackberry OS anda. Anda memerlukan bantuan Blackberry Desktop Software untuk membackup data Blackberry anda ke komputer.

4. Backup data Blackberry ke memory card

Selain membackup data ke computer, backup data Blackberry ke memory card juga dapat dilakukan guna untuk mengamankan data di Blackberry anda. Bagi pengguna Blackberry OS 7 bisa menggunakan fasilitas layanan Device Switch, sedangkan untuk Blackberry OS 6 dan kebawah harus menggunakan aplikasi bantu.

Data yang disimpan atau dibackup di computer maupun memory card dapat direstore kembali atau dipindahkan ke perangkat Blackberry lain.

Tips ini dapat membantu anda dalam mengamankan data di Blackberry, sehingga untuk persoalan keamanan email, contact, pesan hingga file-file penting lainnya sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi.

Author: 

Saya adalah pemilik Kaplik.Com, Tujuan saya menulis adalah untuk berbagi pengetahuan maupun pengalaman kepada semua pembaca. Buat yang ingin tanya-tanya bisa langsung Contact ke Google +1, atau bisa melalui facebook. Thanks...

No Responses

Leave a Reply